KTT ASEAN

Mobil Listrik Bermaterial Daur Ulang Jaring Ikan Dipakai di KTT ASEAN

BMW Indonesia serah terima 13 mobil full listrik BMW iX, wujud dukungan bagi para pemimpin negara anggota ASEAN dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-42. BGI
BMW Indonesia serah terima 13 mobil full listrik BMW iX, wujud dukungan bagi para pemimpin negara anggota ASEAN dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-42. BGI

Autogear.id - BMW Indonesia serah terima 13 mobil full listrik BMW iX, wujud dukungan bagi para pemimpin negara anggota ASEAN dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-42. Kendaraan listrik premium asal Jerman itu akan menjadi kendaraan resmi para presiden dan perdana Menteri dari 10 negara peserta KTT di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT), 9 - 11 Mei 2023 mendatang. 

Ramesh Divyanathan, President Director BMW Group Indonesia mengatakan, pihaknya selalu berkomitmen aktif mendukung ragam kegiatan kenegaraan pemerintah Indonesia. Lanjut Ramesh, sebagai Sustainable Mobility Partner, perusahaannya menghadirkan kendaraan full listrik yang ramah lingkungan dan memiliki sejumlah inovasi terdepan. 

“Untuk iX yang digunakan nanti adalah Sport Activity Vehicle full listrik premium modern. Dirancang cerdas untuk menghadirkan interior modern nyaman, luas dan kemewahan minimalis,” urainya.

Dikatakannya, pabrikan telah menetapkan standar tinggi untuk keberlanjutan. Dimulai dari konsep kendaraan, pemilihan bahan, ekstraksi bahan baku, dan proses produksinya. Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara, Setya Utama dalam serah terima unit mengapresiasi kolaborasi yang baik ini. 

Baca Juga:
Selama 5 Hari IIMS Surabaya, EV Bakal Dapat Porsi Lebih

“Kami senang dapat menyediakan pengalaman berkendara ramah lingkungan untuk seluruh pemimpin negara ASEAN dengan BMW iX, sambil menikmati keindahan alam Labuan Bajo,” ucapnya.

Apalagi selain full listrik, kendaraan ini juga menggunakan bahan daur ulang dan energi terbarukan dalam proses produksinya. Secara teknis, diklaim kalau teknologi eDrive generasi kelima pada BMW iX memungkinkan sensasi berkendara bebas emisi. Dengan penggerak semua roda elektrik, dan jangkauan jarak sesuai kebutuhan harian. 

Didasari pada perangkat masa depan, mencakup berbagai bidang pengembangan - arsitektur jaringan on-board, perangkat lunak dan layanan digital. Hasilnya terlihat pada sistem kontrol/operasi iDrive generasi terbaru, manajemen energi yang sangat efisien, dan berbagai sistem bantuan pengemudi yang inovatif.
 
Diketahui, varian model yang diluncurkan di Indonesia adalah BMW iX xDrive40, memiliki output lebih dari 326 hp. Mencapai kecepatan 0 hingga 100 km/jam dalam 6,1 detik. Terkait baterai, BMW Group mendapatkan kobalt dan lithium untuk baterai tegangan tinggi dari sumber di Australia dan Maroko, sebelum memasoknya ke produsen sel baterai. 

Baca Juga:
Cayenne Baru Fokus pada Digitalisasi dan Driver Experience

Seperti dalam produksi kendaraan secara keseluruhan di BMW Group Plant Dingolfing, sel baterai diproduksi menggunakan tenaga hijau eksklusif dari sumber bersertifikat. Sejak Februari 2021, perusahaan telah membeli aluminium yang diproduksi menggunakan listrik dari pembangkit energi surya. 

Pentingnya konservasi sumber daya dalam memproduksi model kendaraan ini diperjelas, dengan tingginya proporsi aluminium sekunder dan plastik daur ulang yang digunakan. Sebagai gambaran, interior kendaraan menggunakan kayu bersertifikat Forest Stewardship Council (FSC). Bahan baku yang digunakan untuk floor cover dan mat, merupakan daur ulang dari jaring ikan.


(uda)