One Day Trip KIEC Bikers, Jajaran Direksi Turun Gunung

One day trip KIEC Bikers, melibatkan sedikitnya 50 peserta menikmati kawasan wisata dan konservasi Ujung Kulon - KIEC Bikers
One day trip KIEC Bikers, melibatkan sedikitnya 50 peserta menikmati kawasan wisata dan konservasi Ujung Kulon - KIEC Bikers

Autogear.id – Membentuk komunitas motor, lalu touring bareng bersama rekan-rekan satu lingkup pekerjaan, memang merupakan hal yang menyenangkan. Seperti komunitas penggemar roda dua di lingkungan karyawan PT. Krakatau Sarana Properti (KSP) dan PT. Krakatau Sarana Infrastruktur (KSI), yang tergabung menjadi KIEC Bikers.

Sabtu kemarin (9/12), mereka menggelar touring one day trip, perjalanan seharian menjelajahi salah satu area ikonik di Provinsi Banten, yaitu Pantai Ciputih, Ujung Kulon. Touring tersebut diikuti tidak kurang dari 50 peserta, dengan menempuh jarak sekitar 130 Km.

"Pada touring one day trip kali ini, kami hanya menikmati area Ujung Kulon. Selain tentunya merasakan pemandangan yang indah di sekitar area Pantai Ciputih, kegiatan ini juga untuk mempererat tali silaturahmi di antara karyawan PT. KSP dan PT. KSI yang sama-sama hobi mengendarai motor,” ujar Wakil Ketua KIEC Bikers, Aby Musfasir.

Dia menambahkan, untuk jalur yang dilalui juga tidak terlalu memberatkan peserta. Mengingat saat ini sudah mulai memasuki musim penghujan. “Sama-sama kita ketahui, Ujung Kulon merupakan salah satu tempat yang wajib dikunjungi wisatawan yang sedang bertandang ke Banten," katanya.

Sewaktu touring, diakui Aby kalau komunitasnya bukan sekadar wadah silaturahmi dan eksplorasi wisata semata. Melainkan sambil refreshment, menyegarkan tubuh dan pikiran usai sibuk dengan rutinitas pekerjaan. Aktivitas touring komunitas juga kerap diselingi ragam kegiatan sosial, bahkan acapkali diikuti langsung jajaran direksi.

"Dalam kesempatan ini, kami hanya berkendara santai namun sebagai representatif perusahaan Krakatau Steel Group. Terutama menjaga nama baik KSP dan KSI, dengan berlaku santun, baik saat berkendara motor di jalan, maupun menjaga sikap dimana pun berada,” tukasnya.

Sekjen KIEC Bikers Yoha Aristian menambahkan, touring yang sering dilaksanakan selama ini juga harus mematuhi unsur safety riding. “Beberapa anggota yang tergabung di dalam komunitas kami memiliki pemahaman luas mengenai mesin motor. Bahkan sejumlah anggota kami mengajarkan bagaimana cara menangani pertolongan pertama pada kecelakaan,” tutur Yoha.

Lanjut Yoha, hal lain yang penting sesuai arahan pembina kami, yakni Direktur Utama KSP Iip Arief Budiman, dalam setiap kegiatan baik touring maupun CSR, diingatkan untuk menyatu dengan bumi, dalam arti merawat lingkungan. “Pesan beliau, jika kita merawat bumi dengan baik, nantinya segala kebaikan akan berbalik ke kita. Termasuk juga berimbas ke perusahaan," tegasnya.

Kegiatan touring ini merupakan rangkaian akhir kegiatan KIEC Bikers menutup tahun 2023. Tahun depan sejumlah agenda juga telah disiapkan, selain menjelajahi berbagai tempat eksotis lainnya. KIEC Bikers juga bakal mengadakan semacam workshop, dengan mengundang mekanik mesin. Bertujuan menambah ilmu seputar mesin, agar pengetahuan para anggotanya semakin lebih baik lagi.

Tentunya melalui pelatihan tersebut, Mereka ingin KIEC Bikers ke depannya tetap solid dan tak hanya memikirkan unsur kesenangan. Tetapi bagaimana anggotanya juga dibekali kemampuan berguna. “Kehadiran kami harus bisa berguna untuk masyarakat sekitar, seperti kegiatan bansos dan menjaga lingkungan," pungkasnya.


(uda)