Toyota Gazoo Racing Indonesia Raih Double Winner GT4 Japan Cup 2025

Toyota Gazoo Racing Indonesia Raih Double Winner GT4 Japan Cup 2025
Toyota Gazoo Racing Indonesia Raih Double Winner GT4 Japan Cup 2025

Autogear.id – Toyota Gazoo Racing Indonesia (TGRI) kembali mendominasi balap touring car GT World Challenge Asia (GTWCA) Japan Cup 2025, dengan meraih double podium Kelas GT4 seri ke-5 dan seri ke-6, di Okayama International Circuit Jepang, Sabtu-Minggu (30-31/8).

Andalkan race car GR Supra GT4 Evo 2, Haridarma Manoppo (Indonesia) dan Seita Nonaka (Jepang) mempertahankan podium juara enam kali berturut-turut. Membuka peluang besar champion winner, karena menyisakan dua seri lomba.

“TGRI sukses memenangkan Kelas GT4 Japan Cup 2025, enam seri berturut-turut. Kami memulai laga tahun ini dengan semangat tinggi, berkat hadirnya mobil balap baru GR Supra GT4 Evo 2,” Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Jap Ernando Demily.

Lanjut Ernando, didukung tim engineer TGRI yang makin paham karakter mobil dan sirkuit di Jepang, Haridarma Manoppo dan Seita Nonaka berhasil sapu bersih podium juara semua seri.

“Keduanya sekaligus telah membuka peluang besar, untuk meraih gelar juara pembalap dan tim di balapan Grand Touring Jepang,” jelas Ernando lagi.

Pada GT World Challenge Asia (GTWCA) 2025, TGRI fokus pada event balap touring car yang khusus diselenggarakan di Jepang, yakni Japan Cup 2025, yang berlangsung delapan seri kejuaraan back-to-back.

Kelas GT4 menggunakan mobil buatan pabrikan, tersedia untuk umum dan dimodifikasi sesuai regulasi. Sehingga seluruh peserta memiliki level performa setara, agar persaingan makin sengit.

Race pertama, Sabtu (30/8), Haridarma yang berada di balik kemudi, start dari posisi ke-1 dengan mulus dan konsisten menjaga pace lomba, sampai jendela pit stop dibuka.

Seita yang lanjut balapan, juga tidak menyia-nyiakan kesempatan. Mempertahankan posisi pertama hingga bendera finis dikibarkan, dengan lap time 1:00:32.461.

Chemistry kedua pembalap makin kuat dan nyaman, dengan seting engineer TGRI atas performa GR Supra GT4 Evo 2. Tidak heran jika performa tim berada di level terbaik ketika memulai race ke-2, Minggu (31/8).

Seita yang bertukar posisi sebagai starter, terus bertahan di posisi pertama hingga pit stop. Haridarma yang makin matang, bertarung cukup tenang. Untuk menjaga poin kemenangan penuh dengan catatan waktu 1:00:51.766.

Podium pertama dari dua seri lomba back-to-back ini, memperkokoh posisi TGRI di puncak klasemen sementara pembalap dan tim Japan Cup 2025 Kelas GT4.

Mereka merebut 150 poin dari enam kemenangan, di mana posisi ke-2 meraih 108 poin dan posisi ke-3 hanya 45 poin. Artinya, trofi champion tahun ini terbuka lebar, asalkan keduanya konsisten melaju di jalur kemenangan pada seri penutup.


(uda)