Mitsubishi Xforce, SUV Kompak Idaman Pria dan Idola Kaum Hawa

Mitsubishi Xforce, SUV kompak idaman pria dan idola kaum hawa - Alun/AG
Mitsubishi Xforce, SUV kompak idaman pria dan idola kaum hawa - Alun/AG

Autogear.id – Ketika Mitsubishi Motors memperkenalkan Xforce untuk pertama kali ke tengah-tengah masyarakat, sontak banyak pasang mata tertuju padanya. Apalagi PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) menghadirkannya tepat di sebuah pameran otomotif bergengsi, ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS), Agustus 2023 lalu. Membuat mobil yang berada di segmen Sport Utility Vehicle (SUV) 5-seater ini mendapat tempat tersendiri, di hati para penggemar Mitsubishi.

Menariknya, para penyuka mobil ini bukan hanya golongan pria, atau kelompok laki-laki yang acapkali menjadikan kendaraan sebagai “toys boys”. Merunut data yang disajikan oleh pihak Mitsubishi, tak sedikit pembeli mobil yang mengantongi banyak fitur unggulan ini adalah kaum perempuan. Padahal kalau melihat desainnya, Xforce ini kelihatan macho, dengan karakter khas SUV.

Seperti terungkap dalam serah terima perdana Xforce ke tangan konsumen, yang dilakukan di daerah Kelapa Gading, Jakarta Timur, beberapa waktu lalu. Sebagian penerima kunci adalah perempuan atau ibu-ibu muda. Memang ada juga laki-laki yang menerima kunci, tetapi laki-laki tersebut membelikannya untuk sang istri.

Sebut saja salah seorang penerima kunci adalah aktor Tengku Zacky, membeli Xforce untuk istrinya yang bisa dipakai antar jemput anak sekolah. “Saya membeli buat istri, karena Xforce ini bentuknya tak terlalu besar, compact, nyaman dan desainnya juga bagus. Ditambah lagi mobil ini tergolong canggih. Walaupun ini bukan mobil pertama saya, dan yang milih Xforce ini istri saya,” kata Tengku Zacky di Klub Kelapa Gading, waktu itu.

Kick Sensor Penolong Wanita

Beberapa fitur canggih yang terdapat pada Mitsubishi Xforce juga relatif membantu buat para wanita. Misalnya saja pintu bagasinya, yang menyediakan fitur Handsfree Power Liftgate with Kick Sensor. Fitur yang dapat membantu buka pintu belakang dengan sensor, menggunakan ayunan kaki di kolong mobil.

Jelas ini menjadi fitur penolong. Contohnya saja ibu-ibu yang pulang dari minimarket, membawa banyak belanjaan. Atau buat ibu muda yang sedang kerepotan menjinjing tas, sambil menggendong si buah hati yang sedang terlelap.

Belum lagi komentari ragam fitur terkini di dalam kabin interiornya. Seperti salah satu fitur andalan yang ditawarkan untuk menemani perjalanan, yaitu Dynamic Sound Yamaha Premium. Sistem suara tingkat tinggi, dengan karakter dynamic sound. Pastinya fitur ini tidak hanya buat wanita, pria pun gemar mendengarkan musik di perjalanan.

Menggandeng Yamaha Audio, dynamic sound ini dilengkapi 8 (delapan) buah speaker terintegrasi, dan 4 preset equalizer, yaitu Signature, Lively, Powerful, Relaxing, yang dapat disesuaikan dengan mood pengendara. Plus dibumbui fitur Speed Compensated Volume (SCV).

NanoeX Penjaga Kelembaban Kulit

Ada lagi fitur yang disukai kaum perempuan selama mengendarai Xforce, yaitu NanoeX. Teknologi canggih yang berfungsi untuk menyejukkan kabin, di tengah maraknya polusi udara dan terik matahari. Menurut Product Planning Department PT MMKSI, Ngabehi Marquz, fitur ini juga dapat membunuh bakteri yang menyelusup ke dalam kabin. Bahkan fitur ini mampu menjaga kelembaban kulit pengguna Xforce.

"Terkait teknologi ini, Mitsubishi bekerja sama dengan Panasonic. Menghadirkan teknologi yang bisa menghilangkan bakteri dan virus, dengan cara menghasilkan ion-ion listrik dan membuat bakterinya mati. Teknologinya juga bisa menghilangkan bau, serta menjaga kelembaban kulit," ujar Ngabehi di sela-sela sesi test drive Xforce Yogyakarta-Semarang, beberapa waktu lalu (10/12/2023).

Belum lagi beberapa fitur yang memang dibuat untuk menciptakan kenyamanan untuk semua penumpang. Misalnya ada cool box di konsol tengah, jok belakang bisa reclining, dan banyak ruang penyimpanan kecil. Wiwid, seorang jurnalis perempuan yang ikut dalam test drive Xforce beberapa waktu lalu mengatakan, cool box ini jelas merupakan fitur yang tergolong “cerdas”.

“Bisa dibayangkan, ketika kita sedang dalam perjalanan, lalu menginginkan minuman dingin. Ternyata kita sudah menyimpan minuman dingin kemasan botol, yang kita taruh di dalam cool box. Mungkin terkesan sepele, tapi bagi saya cool box di dalam mobil itu bermanfaat banget,” tuturnya.

Xforce Diapresiasi Pelanggan

Kendati masih banyak lagi fitur yang disediakan oleh Xforce, paling tidak sejumlah fitur tadi memiliki manfaat lebih, khususnya buat para pengemudi dan penumpang wanita. Wajar saja kalau mobil ini menjadi idaman pria dan idola kaum hawa.

Mitsubishi Xforce dibanderol harga Rp 379,9 juta hingga Rp 412,9 juta on the road DKI Jakarta. Director of Sales and Marketing Division MMKSI, Irwan Kuncoro mengatakan, Xforce diterima dengan sangat baik di pasar. Pelanggan pun mengapresiasi kehadirannya.

“Mengenai angka penjualan, sejak diluncurkan sampai Januari 2024, kira-kira sekitar 2.000 unit. Kami mulai mengirimkan Xforce ke konsumen sekitar November 2023," ujar Irwan di pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 beberapa waktu lalu. Adapun di IIMS 2024 sendiri, dijelaskan President Director PT MMKSI Atsushi Kurita, dari total 2.719 SPK, kontribusi Xforce tercatat sebanyak 495 SPK.


(uda)