Ini yang Membuat Macan Listrik Diklaim Sebagai SUV Paling Ramping

Porsche merilis Macan Listrik terbaru sebagai SUV yang diklaim paling ramping - Porsche
Porsche merilis Macan Listrik terbaru sebagai SUV yang diklaim paling ramping - Porsche

Autogear.id – Porsche memperkenalkan the new all-electric Macan, Kamis (25/1/2024). Generasi kedua dari sport utility vehicle (SUV) ini diluncurkan di Singapura, dengan peluncuran perdana di dunia yang disiarkan langsung di Porsche Newsroom.

Vice President Style Porsche, Michael Mauer ada beberapa tantangan dalam memperbarui desain SUV yang sudah dikenal luas ini. "Macan baru adalah model pertama yang kami perbaharui dari identitas produk yang sudah ada dan terbukti," ujarnya.

Menurut Mauer, setiap mobil sport baru harus dapat dikenali dengan sangat jelas sebagai bagian dari keluarga produk Porsche, dan model yang bersangkutan, tetapi juga harus dianggap sebagai sesuatu yang baru.

Dia percaya, bahwa konsistensi visual ini sangat penting untuk merek Porsche. Menciptakan keseimbangan yang tepat antara Porsche yang klasik dan inovatif. “Terkadang memang hal itu merupakan proposisi yang sulit,” aku sang desainer.

Powertrain baru menawarkan fleksibilitas namun juga menimbulkan tantangan peralihan dari mesin pembakaran internal ke powertrain all-electric di Macan. Ini menjadi tantangan tersendiri pula bagi tim Style Porsche, sekaligus menawarkan berbagai kemungkinan baru. "Persyaratan teknis mobil selalu menjadi hal yang sangat mendasar," lanjut Mauer.

Kata Mauer lagi, hal ini dianggap sangat awal dalam proses dengan pengemasan - pengaturan berbagai komponen di dalam mobil. Pengemasan sangat penting untuk mendapatkan proporsi dasar yang tepat. Flyline Porsche klasik tidak akan dapat dilakukan dengan sembarang pengaturan.

Koefisien Hambatan 0.25

Sedangkan faktanya, powertrain listrik menawarkan tingkat fleksibilitas baru namun menimbulkan tantangan di sini. Menghilangkan blok mesin yang besar, memungkinkan mereka untuk meningkatkan bentuk bonnet yang khas. Tentunya, aerodinamika memainkan peran besar dalam hal jangkauan mobil sport listrik.

Keberhasilan kolaborasi erat antara desainer dan insinyur aerodinamika terlihat jelas, dari satu angka. Dengan koefisien hambatan 0.25, Macan listrik adalah salah satu SUV yang digadang-gadang paling ramping di pasar.

Secara umum, Porsche telah memutuskan untuk tidak membedakan model listriknya sepenuhnya dari mobil sport bermesin bakar, jelas Mauer. Porsche tetaplah Porsche, bahkan Porsche listrik adalah mobil sport di segmennya.

Dari sudut pandang tersebut, masuk akal jika mereka tidak meninggalkan DNA desain Porsche yang telah terbukti. Kami yakin bahwa hal ini juga dapat dikenali dengan jelas dari SUV listrik pertama yang dikembangkan oleh produsen mobil sport Stuttgart.

"Macan baru juga sangat jelas terlihat sebagai Porsche dan Macan pada pandangan pertama. Kami telah mempertahankan proporsi yang mendefinisikan apa yang diwujudkan oleh mobil sport di segmen ini untuk Porsche. Desainnya telah disempurnakan baik di dalam maupun di luar, model baru ini memiliki kesan yang lebih sporty dan dinamis," pungkasnya.


(uda)