Drive Sport, Otak Pintar Pendongkrak Performa Xforce Kian Mumpuni

Fitur Drive Sport, salah satu teknologi canggih untuk meningkatkan performa Xforce semakin maksimal - AG
Fitur Drive Sport, salah satu teknologi canggih untuk meningkatkan performa Xforce semakin maksimal - AG

Autogear.id – Ragam fitur terkini yang ada pada kendaraan jaman sekarang, pada dasarnya berfungsi untuk lebih mendukung performa secara keseluruhan, dari kendaraan itu sendiri. Lihat saja, seperti ragam fitur canggih dan kekinian, yang terdapat pada Mitsubishi Xforce.

Dari sekian banyak fitur unggulan yang tersemat pada jagoan terbaru Mitsubishi Motors itu, ada dua fitur yakni Active Yaw Control (AYC) dan 4 mode berkendara. Keduanya digadang-gadang dapat diandalkan dalam mendukung performa mobil yang ditawarkan dalam 2 pilihan, tipe Ultimate seharga Rp 412,9 juta dan Exceed Rp 379,9 juta ini.

Tetapi sebenarnya, ada juga fitur yang tak kalah ciamik, dan dapat dimaksimalkan fungsinya oleh pengguna Xforce. Tujuannya untuk lebih mendongkrak performa dari SUV kompak 5 penumpang tersebut, supaya semakin optimal. Lantas, fitur apakah gerangan? Yup, tak lain adalah fitur Drive Sport atau D-Sport.

Fitur D-Sport ini memang wajib dicoba dan dirasakan betul oleh pengguna Xforce. Sehingga model kendaraan yang memiliki karakter stylish dan robust, serta desain SUV yang autentik ini semakin mantap, untuk dapat diajak melibas berbagai medan dan kontur jalan.

Cara Kerja Fitur D-Sport

Sebenarnya bagaimana sistem kerja fitur D-Sport ini? Brand Ambassador Mitsubishi Motors di Indonesia, Rifat Sungkar mengatakan, D-Sport pada Xforce ini mampu memanipulasi transmisi untuk memberikan reaksi lebih cepat.

“Tujuan utama mengaktifkan D-Sport sebenarnya bisa banyak alasan. Misalnya karena pengguna Xforce tersebut mungkin ada kebutuhan buru-buru. Atau ingin menambah performa saat sedang mengendarainya, jadi bukan Eco yang dikejar,” ungkap Rifat di sela-sela sesi test drive Xforce di Yogyakarta beberapa waktu lalu.

Lanjut pembalap nasional yang juga sering berprestasi di mancanegara ini, walaupun dalam kondisi normal, performa Xforce jelas tak perlu diragukan lagi. Model ini siap sedia melumat beragam kondisi jalan. Tetapi bila pengemudi merasa perlu memaksimalkan lagi performanya agar lebih responsif, maka dapat mengandalkan fitur D-Sport.

Teknologi pada D-Sport akan menyuplai tenaga tambahan, pada setiap putaran mesin dan perpindahan transmisi. “Ya bisa dikatakan, cara kerja fitur ini dengan memanipulasi kinerja ECU pada transmisi, sehingga bereaksi lebih cepat,” tukasnya.

Tombol D-Sport di Tuas Transmisi

Menurutnya, ketika D-Sport bekerja memanipulasi transmisi untuk bereaksi lebih cepat, selanjutnya gearbox akan menerima pesan manipulasi tersebut. “Tidak hanya di jalan normal dan tanjakan, D-Sport ini juga bisa digunakan saat jalan menurun ya,” jelasnya.

Ditambahkan Rifat, sewaktu menggunakan fitur tersebut, semuanya akan jadi lebih cepat dan akan ditahan lebih lama. “Ada otak pintar D-Sport yang memanipulasi gearbox, untuk bereaksi lebih cepat. Fitur ini more power dan more energy,” terangnya.

Buat pengguna Xforce, fitur ini juga user friendly, alias pengoperasiannya cukup mudah. Pengemudi cukup menekan tombol, yang terdapat pada tuas transmisi. Ketika diaktifkan, terasa performa mesin lebih responsif.

Perlu diketahui pula, fungsi D-Sport tidak sama dengan 4 mode berkendara (Normal, Wet, Gravel, Mud). Sebagai mode yang dapat dipilih pengguna Xforce tergantung pada kondisi jalan. Memungkinkan kendaraan menghadapi berbagai kondisi jalan, dengan mengintegrasikan AYC. Mitsubishi Xforce sendiri dibekali dapur pacu berkapasitas 1.499cc, dan dapat menghasilkan tenaga 77 kW di 6.000 rpm, serta torsi 141 Nm di 4.000 rpm.


(uda)