Modifikasi Motor

Nitro 155, Yamaha XSR Jadi-jadian Berkonsep Futuristic Supermoto

Nitro 155, supermoto onroad bisa, offroad oke (Foto: Treasure Garage)
Nitro 155, supermoto onroad bisa, offroad oke (Foto: Treasure Garage)

Autogear.id - Woro-woro keseruan ajang Yard Built Indonesia sebelumnya memang sudah bergaung kencang. Dimana ajang custom motor bergengsi kali ini diikuti para builder asal Kota Jakarta dan Bandung, Jawa Barat. 

Tahap selanjutnya, Yamaha Motor Indonesia lantas memutuskan ikut menggandeng builder asal Pulau Dewata, Bali. Empat builder dari empat bengkel custom di Bali pun ditunjuk Yamaha. 

Mereka adalah Treasure Garage, Deus Ex Machina ‘Temple of Enthusiasm’, AMS Garage, dan Kedux Garage. Setelah melihat karya empat bengkel custom papan atas Indonesia itu, Yamaha lantas jatuhkan pilihan menggandeng rumah custom Treasure Garage. 

”Menurut saya, Yard Built ini sangat membantu industri custom dan dukungannya benar-benar nyata. Apalagi diadakan bukan hanya di satu kota. Saat pandemi seperti ini, menjadi motivasi bagi kami, ketika Yamaha masih mendukung builder lokal,” ujar Imanuel Prakoso, builder Treasure Garage.

embed

Dalam keterlibatannya dengan Yard Built Indonesia, bengkel motor custom Treasure Garage kiranya sudah mempersiapkan amunisi. Sebuah garapan berbasis Yamaha XSR 155, dengan mengusung konsep yang tak biasa. Kalau istilah generasi sekarang, konsep anti mainstream.

Yup, Yamaha XSR 155 bergenre sport dan retro scrambler, diubah tampilannya oleh pasukan Treasure Garage menjadi berkonsep supermoto. 

Walaupun tidak menjadi seperti supermoto kebanyakan, yang dua alam alias dual purpose. Tunggangan yang bisa dibesut di aspal halus onroad, atau gemar diajak terabasan, libas offroad dan main tanah. Melainkan supermoto yang satu ini lebih kental nuansa modern dan futuristik.

Apalagi setelah diperkuat penampilan dan kesan barunya itu, sampai akhirnya Treasure Garage menamainya dengan panggilan mesra ‘Nitro 155’. Nama yang sedikit banyak beraroma masa depan.

Harapannya proses pengerjaan tersebut, menjadikan Nitro 155 sebagai motor yang spesifik diperuntukkan bisa bergerak lincah, bermanuver di jalanan onroad. Dengan tetap memperhatikan segi fungsionalitas dan futuristic, sebagai ciri khasnya.

Apa saja perubahan yang dilakukan, pada tunggangan kategori lansiran terbaru Yamaha tersebut? Terlihat, perubahan yang lumayan signifikan dilakukan tim Treasure Garage antara lain mengganti velg dengan tipe jari-jari. Kemudian bodywork memanfaatkan material alumunium penuh. Diperkuat desain apik dan nyentrik ala motor masa depan.

Kendati mengalami permak cukup signifikan, tetapi Nitro 155 ini tetap mengaplikasikan sejumlah perangkat yang merupakan identitas dari Yamaha XSR 155. Yaitu Deltabox dan plat ‘three dot’. "Mesinnya enak. Overall salah satu yang terbaik di kelasnya, bisa dipakai on road dan off road,” terang Imanuel.


(acf)