Mobil Baru

Diproduksi Terbatas, BMW M5 Edition 35 Years, Dibanderol Rp5,1 Miliar

BMW M5 Edition 35 Years. bmw
BMW M5 Edition 35 Years. bmw

Autogear.id: Pandemi Covid-19 sama sekali tidak menyurutkan pabrikan otomotif untuk memperkenalkan model-model baru. Meski tanpa seremoni peluncuran, para Agen Pemegang Merek (APM) tetap melakukan peluncuran model anyar secara virtual. 

Setelah Toyota, Daihatsu, Morris Garage, dan Mazda, kini giliran BMW Indonesia yang merilis produk baru yakni M5 Edition 35 Years. Model ini cukup spesial untuk memperingati 35 tahun hadirnya M5 di pasar otomotif global dan hanya diproduksi sebanyak 350 unit di seluruh dunia. Selain itu, kendaraan ini menjadi BMW M series paling garang yang dijual di tanah air. 

M5 Edition 35 Years dikembangkan dari platform BMW Motorsport GmbH yang menawarkan performa tinggi berpadu dengan kenyamanan dan fungsionalitas sebuah sedan sport 4 pintu. 

"Sebagai model independen yang didasarkan pada Seri 5, model ini tawarkan peningkatan performa sekaligus mempertahankan antusiasme terhadap dunia balap. Konsep mesin high-revving, teknologi suspensi distingtif dengan tenaga mesin yang kuat, dan fitur desain spesifik M yang mengoptimalkan pemasukan udara dan kinerja aerodinamisnya, semua menjamin pengalaman berkendara optimal yang diwarnai kecepatan dan presisi ciri khas M5,” kata Director of Communications BMW Indonesia, Jodie O’tania, Jumat (3/4/2020) seperti dikutip dari medcom.id.

Mobil ini mengusung mesin V8 M TwinPower Turbo Technology 4.395 cc dengan hembusan tenaga 625 hp dan torsi mencapai 750 Nm. Akselerasi dari 0-100 km/jam dapat dicapai hanya dalam waktu 3,3 detik sebelum mencapai top speed 305 km/jam. 

M5 Edition 35 Years dipersenjatai sistem penggerak empat roda khas BMW, xDrive, plus Active M Differential di gardan belakang. Pengemudi bisa mengganti setelan sistem penggerak antara xDrive, xDrive Sport, atau Rear Wheel Drive.

Sensasi berkendara yang mengesankan tersebut juga disempurnakan dengan tampilan eksterior yang eksotis. Desain khas M yang sporty, pelek M aloy 20 inci rancangan baru berwarna Graphite Grey dibuat khusus untuk model Edition, sampai sistem rem M karbon keramik dengan kaliper rem yang berwarna emas tersedia sebagai standar. Pada bagian lampu sudah dilengkapi dengan Laserlight dengan selective beam sesuai kebutuhan. 

Di sisi interior, sentuhan sporty nan mewah terlihat dari trim finishers aluminium berstruktur karbon teranodisasi emas, sampai penggunaan soft touch di area panel instrumen, bagian trim pintu serta konsol tengah. Sebagai penutup door sill bertuliskan M5 Edition 35 Jahre. Jok multifungsi M dan Individual Merino trim leather berwarna hitam dengan jahitan berwarna beige semakin menambah rasa percaya diri jika duduk di stir kemudi. 

BMW M5 Edition 35 Years sudah mulai dijual di diler resmi BMW sejak tanggal 3 April 2020. Sedan sport asal Jerman ini dibanderol dengan harga Rp5,1 Miliar. Bicara pesaing, dari sisi spesifikasi mesin M5 Edition 35 Years jelas merupakan penantang Mercedes-Benz AMG GT 63 S yang mengusung mesin 4000cc V8 Bi-Turbo dengan tenaga 639 hp dan trosi 900 Nm, juga dengan sistem penggerak empat roda. 


(uda)