Honda On Fire, Verstappen Juarai Seri F1 GP Styria 2021

Aksi Max Verstappen dari tim Red Bull Racing Honda saat balapan di F1 GP Styria (Foto: Honda)
Aksi Max Verstappen dari tim Red Bull Racing Honda saat balapan di F1 GP Styria (Foto: Honda)

Autogear - Honda tampaknya benar-benar on fire di musim balap F1 tahun ini. Terbukti, mereka kembali sukses membukukan kemenangan pada ajang balap formula paling bergengsi di dunia tersebut. 

Catatan kemenangan terbaru Honda diraih lagi melalui Max Verstappen, dari tim Red Bull Racing Honda. Verstappen berhasil memenangi seri balap Grand Prix Styria, di sirkuit Red Bull Ring, Spielberg, Austria, Minggu (27/6). Ini merupakan kemenangan kedua secara beruntun yang diraih Honda dan Verstappen. Sebelumnya, mereka juga jadi juara di F1 GP Prancis.

Laju Verstappen begitu mulus untuk merebut kemenangan. Dan apa yang diraih Verstappen itu jelas-jelas menambah koleksi kemenangan Honda di gelaran balap F1 2021. Dalam hal ini Honda tertulis mengantongi lima kemenangan. Yakni podium di Grand Prix Emilia Romagna, Grand Prix Monaco, Grand Prix Azerbaijan, Grand Prix Perancis dan Grand Prix Styria. Empat kemenangan disumbangkan Verstappen, sementara satu lainnya dari Sergio Perez.

Selama jalannya kejuaraan, Verstappen terus memimpin sejak awal hingga garis finis. Dia melakoni balapan menggunakan ban kompon medium dan berhasil mempertahankan keunggulan. 

Begitu balapan dimulai, Verstappen yang menempati pole position mampu melaju tanpa hambatan. Verstappen menjaga jarak menjadi 2,8 detik dengan sang rival, Lewis Hamilton. Hamilton tak urung tetap tertahan di posisi kedua dalam waktu 10 putaran.

Baik Verstappen dan Hamilton terlihat sedikit mengurangi agresivitas. Keduanya berupaya menjaga kondisi ban, agar bisa digunakan dalam beberapa putaran selanjutnya.

Verstappen kemudian dipanggil untuk mengganti ban pada putaran ke-30. Kru mekanik Red Bull beraksi tanpa kesalahan, sehingga pembalapnya tetap memimpin di depan Hamilton. 

Hamilton tak tinggal diam. Dia bahkan mencatatkan waktu putaran tercepat. Sayang, hal itu tak dapat memangkas jaraknya dengan Verstappen, yang mencapai tujuh detik pada putaran ke-52. 

Malah Verstappen memperlebar jarak menjadi 10 detik di putaran ke-61. Pada 10 putaran tersisa, Verstappen tak tersentuh dan memenangkan balapan.

Sementara Lando Norris yang mengendarai McLaren menempati posisi ketiga. Padahal sejak lampu start menyala, pembalap Sergio Perez bertarung untuk memperebutkan posisi ketiga dengan Lando Norris. 

Setelah putaran ke-10, Sergio akhirnya berhasil mendahului Norris mengambil posisi ketiga. Red Bull lantas menerapkan strategi pit untuk Sergio pada lap 26, dan mengganti ban dari mobil F1 Sergio ke kompon keras.

Alhasil, Sergio sempat mencetak lap tercepat. Sebelum akhirnya dicuri oleh Hamilton. Sergio tak putus harapan, dia kemudian putuskan fokus mengejar Valtteri Bottas hingga garis finis.

Nasib berbeda harus dialami pembalap Scuderia Ferrari, Charles Leclerc. Dia bersenggolan dengan pembalap Scuderia AlphaTauri Honda, Pierre Gasly, hingga sayap depan mobil Leclerc mengalami kerusakan.

Gasly juga harus berkendara dengan ban dan suspensi yang rusak, usia menyenggol Alfa Romeo milik Antonio Giovanazzi. Leclerc dan Gasly akhirnya masuk ke pit di akhir putaran pertama.

Sedangkan Yuki Tsunoda dari tim Scuderia AlphaTauri berhasil meraih poin, setelah menyelesaikan balapan di posisi ke-10. Tim Scuderia AlphaTauri Honda sukses pertahankan rekor, untuk selalu mencetak poin, pada setiap balapan yang sudah berjalan di musim balap F1 tahun ini. 

Apa yang dicapai Honda di Grand Prix Styria 2021 merupakan kemenangan ke-83 selama kejuaraan balap Formula 1. Untuk seri Grand Prix berikutnya akan dihelat di Austria akhir pekan mendatang.


(acf)