Mobil Baru

Volkswagen Perkenalkan T-Cross, SUV 1000cc Seharga Rp488 Juta

Volkswagen luncurkan SUV 1000 cc dengan tampilan dan teknologi khas mobil Eropa itu. Mobil ini berbanderol Rp488 juta untuk pasar otomotif Indonesia (on the road Jakarta). VW
Volkswagen luncurkan SUV 1000 cc dengan tampilan dan teknologi khas mobil Eropa itu. Mobil ini berbanderol Rp488 juta untuk pasar otomotif Indonesia (on the road Jakarta). VW

Autogear.id – Ranah segmen Sport Utility Vehicle (SUV) di Indonesia semakin ramai. Apalagi ditambah satu pemain baru, ketika PT Garuda Mataram Motor memperkenalkan Volkswagen (VW) T-Cross, Rabu (23/2/2022). VW T-Cross sebagai SUV kompak premium berteknologi Jerman, merupakan model SUV kedua yang ditawarkan Volkswagen di Tanah Air.

Dibangun di atas platform MQB (modular transverse matrix), T-Cross dikatakan mencoba menawarkan bahasa desain karismatik, lewat eksterior berpenampilan berani dan percaya diri (pede), serta interior yang menyajikan kesan leluasa.

“VW T-Cross adalah kombinasi sempurna antara kedinamisan, kekuatan, dan keleluasaan ruang yang mengombinasikan DNA inti Volkswagen, yaitu disain yang dinamis, keselamatan, dan kesenangan berkendara,” ujar Head of Sales PT Garuda Mataram Motor (GMM), Ahmad Badawi.

Bagian depan VW T-Cross seolah tampil tegas dan berotot, menonjolkan garis desain keluarga Volkswagen. Penggunaan sentuhan chrome pada bagian grille 3D depan, menjadi salah satu ciri khasnya.

Baca Juga:
New Carry Pick-up Masih Rajai Penjualan Suzuki?

Lampu berteknologi LED dengan Daytime Running Lights (DRL), yang dapat dimatikan dan diredupkan melalui pengendalian cerdas. Penggunaan velg dual-tone 17 inci ikut mempertegas kehadiran T-Cross di jalan. Lampu belakang VW T-Cross berbentuk huruf C tampil memanjang, menopang karakter sporty dan superior, plus memperkuat estetika keseluruhan tampilannya.

Merasakan di  balik kemudi Volkswagen T-Cross, pengemudi  bisa mendapatkan visibilitas optimal, karena posisi duduk lebih tinggi layaknya sebuah SUV. Visibilitas ke seluruh arah yang baik juga dapat menimbulkan rasa aman dan pede bagi penumpangnya. Jarak sumbu roda yang mencapai 2.651 mm tampaknya turut berkontribusi menjadikan interior terasa lapang.

T-Crossdiimbuhi tata letak dashboard kekinian dengan beberapa aksen, ruang penyimpanan yang cerdas, lampu ambient serta jok kulit berventilasi di bagian depan. Beberapa sentuhan modern pada interior T-Cross disuguhkan lewat panel instrumen digital berlayar 8 inci, serta AC otomatis dengan tombol sentuh.

Fitur hiburan dengan layar sentuh 10 incinya sudah dilengkapi Apple Carplay dan Android Auto. Juga tersedia akses pengisian daya nirkabel, dan 4 (empat) port pengisian USB Type C. Setir sport multi-fungsi berlapis kulit serta sunroof elektrik mempertegas nilai premium pada kabin T-Cross.

Baca Juga:
Intip Aktivitas UMKM Otomotif Lewat Road to IIMS Hybrid 2022

Melongok apa yang ada di balik kap mesinnya, VW T-Cross  ditenagai mesin berteknologi  TSI, di Indonesia VW T-Cross mengusung mesin kecil 1.0L TSI, dengan opsi transmisi otomatis 6-speed generasi terbaru.

Mesin kecil tadi menghasilkan tenaga maksimal 115 PS pada 5.000 hingga 5.500 rpm, serta torsi puncak 178 Nm pada putaran mesin 1.750-4.500 rpm. Hasil pengujian VW, mobil ini diklaim mampu mencapai konsumsi bahan bakar hingga 16,44 km/liter.

Menyematkan sejumlah fitur keselamatan, termasuk 6 airbag, ESC, tiga sandaran kepala lengkap di baris belakang, sabuk pengaman 3 (tiga) titik untuk kelima penumpang, ISOFIX, dan sandaran kepala yang dapat disesuaikan untuk semua kursi. Tersedia sensor jarak parkir belakang, hill-hold control dan sistem peringatan tekanan ban.

Volkswagen T-Cross ini sudah tersedia di dealer VW di Indonesia, ditawarkan dengan harga Rp 488 juta on the road Jakarta. Tersedia dalam enam pilihan warna, yakni Wild Cherry Red, Curcuma Yellow, Candy White, Reflex Silver, Carbon Steel Grey serta Rising Blue.


(uda)