Cara Menjaga Suspensi Mobil Agar Panjang Umur dan Tetap Optimal

Foto: Instagram
Foto: Instagram

Autogear.id - Berkendara mobil tentunya tak hanya mencari dan merasakan enaknya. Namun juga sedikit banyak perlu tahu merawat komponen-komponen yang terdapat di dalamnya.

Begitu banyak komponen mobil yang harus diperhatikan dan dijaga, agar tetap awet dan tidak merepotkan si pengguna di kemudian hari. Salah satu komponen mobil yang harus dikondisikan perawatannya adalah suspensi.

Suspensi bukan hanya berpengaruh pada kenyamanan saat mengemudi. Kenyataannya, suspensi mobil yang rusak juga akan berisiko membahayakan diri sendiri dan orang lain. 

Nah, agar suspensi mobil kita tetap bisa bekerja dengan optimal, berikut ini ada beberapa cara dalam merawatnya yang sepertinya perlu diketahui setiap pemilik mobil.

1. Parkir mobil di tempat yang rata

Mencari lokasi parkir ketika sedang mengendarai mobil, apalagi berkendara di wilayah perkotaan, relatif sulit. Untuk lokasi parkir yang layak, walaupun tak selalu nyaman, umumnya sudah berbayar dan dikenai tarif. Bahkan meski sudah berbayar, seringkali lokasi parkir tersebut terkesan dipaksakan, seperti lahannya yang tidak rata karena tanahnya berundak dan lainnya.

Bicara menjaga kondisi suspensi mobil agar tetap awet dan optimal, maka jangan memarkirkan mobil pada jalan yang tidak rata. Apalagi dalam jangka waktu yang lama. Sebab, hal itu dapat membuat terjadinya penekanan ke salah satu suspensi mobil. Sehingga akan mengakibatkan beban berlebih pada sisi suspensi tersebut. Jika hal tersebut sering terjadi, dapat merusak suspensi mobil kita.

2. Hindari jalan berlubang

Bukan rahasia lagi, jika jalan tidak rata, bumpy dan berlubang adalah musuh utama bagi komponen suspensi. Sedangkan di Indonesia, banyak jalanan yang kondisinya tidak rata, bumpy atau berlubang. Karena kualitas aspal jalannya yang rendah, apalagi kemudian sering digenangi sisaan air hujan, atau buangan air selokan. 

Jika berkendara melewati jalan dengan kontur seperti itu, usahakan untuk berjalan pelan. Jangan diterabas begitu saja, agar tidak memberatkan kerja dari suspensi. Namun alangkah lebih baik, jika bisa mengusahakan untuk tidak terlalu sering melewati medan jalan yang rusak dan berlubang. 

3. Pastikan beban mobil sesuai rekomendasi

Seringkali ketika bepergian menggunakan mobil, terutama untuk perjalanan jarak jauh, tanpa sadar kita membawa barang yang banyak. Ditambah lagi jumlah penumpangnya maksimal kapasitas kursi, bahkan juga suka berlebih. 

Untuk menjaga performa suspensi agar tetap mumpuni, sebaiknya pemilik mobil memperhatikan barang bawaan ketika akan bepergian. Jangan sampai membawa beban berlebih. Karena dari pihak pabrikan mobil tersebut sebenarnya telah melakukan pengetesan, dan mengukur seberapa berat beban barang yang mampu ditopang oleh suspensi ketika awal mobil dibuat.

Pemilik bisa melihatnya di buku manual kendaraan, mengenai beban maksimal yang dapat dibawa kendaraan.


(acf)