Balap Mobil

Le Mans 24 Jam Mundur ke September 2020

Fernando Alonso berhasil menjuarai ajang Le Mans 24 Jam tahun lalu bersama Toyota. skysports
Fernando Alonso berhasil menjuarai ajang Le Mans 24 Jam tahun lalu bersama Toyota. skysports

Autogear.id: Ajang balap ketahanan (enduro) Le Mans 24 Jam yang seharusnya berlangsung pada tanggal 13-14 Juni 2020 akhirnya resmi ditunda karena harus mengikuti keputusan pemerintah Perancis yang memperpanjang masa larangan kegiatan publik dan ajang olahraga lainnya. 

Dilansir dari Skysports, Minggu (19/4/2020), Le Mans 24 Jam sudah memegang jadwal pengganti yakni pada tanggal 19-20 September 2020 mendatang. Hal ini dikonfirmasi langsung oleh presiden Automobile Club de L'Ouest (ACO) Pierre Fillon. 

"Menunda Le Mans 24 Jam dari tanggal asli di bulan Juni adalah cara paling tepat untuk maju dalam kondisi seperti saat ini," kata Pierre Fillon. 

"Yang paling penting hari ini adalah mengurangi penyebaran virus. Pikiran kami ditujukan kepada staf medis yang bekerja tanpa henti demi kita semua," sambung Fillon.

Nantinya gelaran Le Mans 24 Jam akan berbarengan dengan kejuaraan FIA World Endurance 2020. 

Jika ajang Le Mans 24 Jam sudah mendapatkan jadwal pengganti, maka lain halnya dengan F1 Perancis yang hingga saat ini belum merilis pengumuman penundaan. 

Berdasarkan kalender resmi, F1 Grand Prix Perancis di Sirkuit Paul Ricard berlangsung pada tanggal 28 Juni 2020 yang masih dalam periode larangan kegiatan publik oleh Pemerintah Perancis. Namun penyelenggara F1 Perancis sepertinya masih menunggu hasil diskusi dengan promotor F1 serta FIA terkait jadwal pengganti. 


(uda)