KAI dan Bluebird Berkolaborasi Hadirkan Layanan yang Memudahkan Pengguna Kereta dan Taksi

PT KAI dan Bluebird Berkolaborasi Hadirkan Layanan yang Memudahkan Pengguna Kereta dan Taksi (Foto: Instagram & PT Blue Bird Tbk)
PT KAI dan Bluebird Berkolaborasi Hadirkan Layanan yang Memudahkan Pengguna Kereta dan Taksi (Foto: Instagram & PT Blue Bird Tbk)

Autogear.id - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Persero dan PT Blue Bird Tbk kembali berkolaborasi. Memungkinkan masyarakat melakukan pemesanan taksi Bluebird melalui aplikasi KAI Access.

Dengan memesan tiket kereta api melalui aplikasi KAI Access, masyarakat dapat menambahkan layanan taksi Bluebird pada menu pilihan ‘Layanan’, sebelum melakukan pembayaran.

Baik pihak KAI maupun Bluebird sepakat mengklaim, kolaborasi ini merupakan integrasi multi-moda transportasi pertama di Indonesia. Meliputi integrasi layanan hingga ke sistem pembayaran. 

Peluncuran ini merupakan keberlanjutan kerja sama KAI dan Bluebird, yang masuk dalam cakupan layanan First Mile. Yakni transportasi penjemputan dari lokasi awal, menuju stasiun keberangkatan. Sebelumnya juga telah diperkenalkan layanan Last Mile, transportasi dari stasiun kedatangan menuju lokasi tujuan. 

Masing-masing pihak sama-sama meyakini, lewat kerja sama ini mampu meningkatkan aksesibilitas, kemudahan, dan kenyamanan mobilitas bagi masyarakat pengguna transportasi massal. Serta wujud nyata peningkatan kualitas layanan transportasi darat kedua perusahaan, melalui kolaborasi transformasi digital.

Didiek Hartantyo, Direktur Utama KAI Persero mengungkapkan, peluncuran layanan terbaru First Mile ini akan semakin memberi kemudahan aksesibilitas, integrasi, dan kenyamanan kepada pelanggan KAI untuk memanfaatkan taksi-taksi Bluebird.

Sementara Sigit Djokosoetono, Direktur Utama PT Blue Bird Tbk yang baru saja terpilih ini menyampaikan, keberlanjutan kerja sama merupakan bentuk sinergi kuat antara pihak BUMN dan Swasta. Mendukung pertumbuhan dan peningkatan kualitas layanan transportasi massal di Indonesia. 

Pemesanan layanan First Mile dan Last Mile melalui aplikasi KAI Access dapat dilakukan bersamaan, ataupun terpisah dengan pemesanan tiket kereta. Untuk pesan layanan tambahan taksi berbarengan tiket kereta, dilakukan pada halaman ‘Rincian Pemesanan’. Lalu pilih layanan tambahan taksi melalui menu ‘Taksi’. 

Adapun jika pesan layanan dilakukan terpisah, maka pilih dulu ‘kode booking’ tiket kereta yang akan ditambahkan ke layanan First Mile dan Last Mile. Lalu pada halaman ‘Detail Tiket’ pilih menu ‘Layanan’, selanjutnya pilih menu ‘Taksi’. 

Perlu ditekankan, layanan ini baru bisa dimanfaatkan untuk pengguna kereta api jarak jauh. Namun melalui layanan terintegrasi ini, pengguna KAI Access bisa menikmati fitur Fixed Price, yang memberi skema harga pasti. Terlepas dari situasi jalanan yang tidak menentu, seperti macet dan lainnya.

Sejauh ini layanan tersebut baru dapat digunakan untuk keberangkatan dan kedatangan di stasiun Gambir, Pasar Senen, Bandung, Semarang Tawang, Semarang Poncol, Yogyakarta, Surabaya Gubeng dan Surabaya Pasar Turi. Ke depannya jumlah stasiun yang melayani akan ditambah secara bertahap.


(acf)