Mesin Mobil Kurang Tenaga, Ini 5 Hal yang Bisa Jadi Penyebabnya!

Foto: Ilustrasi
Foto: Ilustrasi

Autogear.id - Lagi enak-enaknya liburan akhir tahun ke luar kota, mengunjungi tempat refreshing yang berada di daerah pegunungan, tiba-tiba di tengah jalan menanjak, mesin mobil yang kita kendarai terasa ngempos alias kurang bertenaga. Duh, nggak nyaman banget rasanya.

Memang, di antara beberapa masalah yang umumnya terjadi pada kendaraan roda empat, salah satunya adalah ketika kondisi mesin mobil seperti kurang bertenaga.

Mengapa mesin mobil bisa seperti kurang bertenaga? Ternyata ada beberapa penyebab yang perlu kita ketahui, mengapa kondisi demikian dapat terjadi.

Berikut, 5 Hal yang Membuat Mesin Mobil Kurang Tenaga

1. Overheat

Mesin mobil kurang tenaga bisa jadi penyebabnya adalah overheat (mesin terlalu panas). Mesin yang overheat bisa juga menyebabkan penurunan performa kendaraan. Mengingat mesin pada mobil bertugasnya sebagai penggerak utama mobil.

Mengatasinya, sebaiknya dinginkan dulu mesin yang overheat tadi. Setelah suhu mesin mulai dingin dan normal kembali, mulailah isi atau gantilah oli mesin mobil tersebut.

2. Pengapian Bermasalah

Untuk urusan masalah pada pengapian, biasanya terjadi pada busi. Entah itu kabel yang terkoneksi ke busi, atau businya sendiri yang kotor.

Solusinya adalah dengan melakukan pengecekan sekaligus membersihkan busi. Di samping itu, periksa pula kabel-kabel yang terkoneksi pada kendaraan.

3. Filter Bahan Bakar Kotor

Komponen yang satu ini berperan penting dalam menyuplai bahan bakar. Jika filter bahan bakarnya kotor, maka suplai bahan bakar mesin dapat terganggu, dan pada akhirnya membuat mesin menjadi kurang bertenaga.

4. Filter Udara Kotor

Selain filter bahan bakar yang harus dijaga kebersihannya, filter udara juga perlu mendapat penanganan yang sama. 

Karena komponen filter udara juga memiliki fungsi sangat penting, yaitu menyuplai oksigen untuk mesin. Jika kotor, maka mobil akan cenderung menjadi kurang bertenaga.

5. Salah Pilih Bahan Bakar

Perlu diketahui, angka oktan pada setiap jenis bahan bakar, masing-masing memiliki perbedaan.

Jika bahan bakar tidak sesuai oktan yang ditentukan, maka bisa menyebabkan mobil kurang bertenaga. Jadi sesuaikanlah bahan bakar yang digunakan, dengan nilai oktan yang tepat untuk kendaraan yang kita kendarai.


(acf)