Hyundai Staria Meluncur di Indonesia dengan Varian 7 dan 9 Kursi 

Hyundai Staria (Foto: Hyundai Motors Indonesia)
Hyundai Staria (Foto: Hyundai Motors Indonesia)

Autogear.id - Hyundai Staria meluncur di Indonesia sebagai multi purpose vehicle (MPV) premium. Menawarkan desain eksterior yang diklaim terinspirasi pesawat luar angkasa, serta kenyamanan interior yang memaksimalkan pemanfaatan ruang kabin secara menyeluruh.

Hyundai Staria menyajikan pengaturan kursi penumpang fleksibel, sangat cocok untuk digunakan sehari-hari. Staria terdiri dari varian Signature 7 merupakan model 7 kursi, dan Signature 9 sebagai model 9 kursi. 

SungJong Ha, Presiden Direktur PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) mengatakan, Hyundai selalu berusaha melampaui ekspektasi pelanggan. Tercermin dalam Staria, yang memberi pengalaman ‘Larger than Life’. 

“Model ini bukan hanya sebuah produk inovatif pendukung mobilitas pelanggan. Tetapi juga memungkinkan pelanggan mendapatkan kenyamanan maksimal, untuk mendukung aktivitas produktif dan berharga," tuturnya dalam sesi peluncuran Staria secara virtual, Jumat (20/8).

Pada kesempatan yang sama, Makmur, Chief Operating Officer HMID menyampaikan, Hyundai bangga mempersembahkan Staria yang memberi pengalaman mewah kepada pelanggan. 

“Konsep premium dan nyaman yang diwujudkannya, merupakan kelanjutan dari transformasi Hyundai untuk menyesuaikan kebutuhan pelanggan yang terus berkembang,” jelas Makmur. 

Desain eksterior Staria tampilkan siluet futuristik, bersih, dan ramping. Bagian depan memberi tampilan grille yang berani. Diperkuat LED Daytime Running Lights (DRL) horizontal, dan positioning lamps yang berada di sepanjang sisi kendaraan. Selain itu lampu depan LED projector juga ditempatkan di setiap sisi grille. 

Staria dilengkapi alloy wheels 18-inci, yang menampilkan warna permukaan bernuansa Dark Chrome dan Tinted Brass Chrome. Nuansa ini juga terletak pada grille, rangka lampu depan, cover spion, emblem, dan gagang pintu.

Mobil ini terbesar di kelasnya, dengan lebar keseluruhan 1.997 mm dan jarak tapak roda depan sepanjang 1.721 mm. Staria juga memberi kesan lapang bagi penumpang, karena memiliki panjang keseluruhan 5.253 mm, dengan jarak antar sumbu roda 3.273 mm, serta jarak tapak roda belakang 1.732 mm.

embed

Desain interior Staria diklaim terinspirasi kabin pesawat luar angkasa seperti di film-film. Misalnya jendela lebar di sisi kendaraan, dan posisi garis sabuk yang lebih rendah untuk meningkatkan kesan lapang dan visibilitas keseluruhan. 

Ketinggian kabin juga dioptimalkan untuk kenyamanan dan kemudahan para pebisnis dan keluarga yang sedang bepergian. Tema desain dari Staria juga diterapkan pada bagian belakang, menampilkan jendela lebar dikelilingi lampu belakang vertikal memanjang.

Interiornya mengusung konsep multi ruang terbuka untuk pengoperasian optimal. Komposisi ruang serbaguna bagi penumpang diseting layaknya premium lounge. Di sisi kursi pengemudi dilengkapi TFT LCD Instrument Cluster 10,25 inci, layar sentuh 8 inci dengan Radio AM/FM, streaming audio Bluetooth, layar sentuh fasia tengah, dan tombol transmisi Shift-by-Wire.

Untuk mengedepankan nuansa premium dan personalisasi, Staria tawarkan ambient mood lights. Harmonisasi pencahayaan langsung dan tidak langsung secara selektif menerangi kokpit, konsol, pintu, dan area penyimpanan bagasi. 

Interior Staria juga diakui terinspirasi dari ruang tunggu kapal penjelajah, ketika sedang berlayar di lautan. Desain unik jendela panoramik di kursi baris kedua, serta tirai yang dapat dibuka tutup manual di kursi baris kedua dan ketiga untuk privasi penumpang.

Tipe Signature 7 dilengkapi 7 kursi dan Premium Relaxation Seats di baris kedua, yang dapat direbahkan otomatis dan digeser untuk kemudahan akses serta memaksimalkan ruang penyimpanan. 

Fitur penghangat dan pendingin kursi baris kedua pada Signature 7 dapat disesuaikan sesuai kebutuhan, dan masing-masing terdiri dari tiga level. Kapasitas bagasi bisa menampung hingga 117 liter, ketika semua kursi di posisi standar. Tetapi dapat diperluas hingga 431 liter, atau membawa hingga lima tas golf dalam mode Luggage Utilization, berlaku saat menggeser kursi baris ketiga.

Tipe Signature 9, terdiri dari 9 kursi dengan Swiveling Independent Seat, yakni baris kedua dapat diputar 180 derajat untuk bisa berhadapan dengan penumpang di baris ketiga. Karena fungsinya ini, tipe Signature 9 juga dapat dioptimalkan sebagai kendaraan perusahaan atau dijadikan tempat pertemuan bisnis di dalam mobil. 

Penyematan sound system premium Bose menghasilkan suara jernih. Dibumbui Dynamic Speed Compensation, yang otomatis menyesuaikan volume suara dengan kecepatan mobil. Pengguna bisa mengisi daya gadget selama perjalanan, karena Staria dilengkapi Wireless Smartphone Charging dan port USB charge untuk semua baris kursi. Dimana 5 port USB pada Signature 7, dan 7 port USB pada Signature 9. 

Membenamkan mesin diesel R2.2 VGT bertransmisi otomatis 8-percepatan. Tipe powertrain yang disematkannya memungkinkan Staria memperoleh performa maksimal hingga 177 PS/3.800 rpm dan torsi maksimal 430 Nm/1.500-2.500 rpm.

Tersedia dalam pilihan warna eksterior Creamy White, Abyss Black Pearl, Graphite Grey Metallic, dan Shimmering Silver Metallic. Sedangkan untuk warna interior, tersedia dalam pilihan Black one-tone Embroidered leather dan Brown two-tone Embroidered leather. Harga on the road (OTR) Jakarta untuk Staria Signature 7 adalah Rp 1,020,000,000. Sementara Signature 9 dibanderol Rp 888,000,000.
 


(acf)