Recall Mobl

Gawat! 106 Hyundai Palisade Recall di Indonesia

Hyundai recall 106 Palisade di Indonesia, adanya dugaan master rem bermasalah akan diganti secara gratis. HMDI
Hyundai recall 106 Palisade di Indonesia, adanya dugaan master rem bermasalah akan diganti secara gratis. HMDI

Mobil varian premium dari pabrikan asal Korea yaitu Hyundai, hari ini Rabu (29/12/2021) terkena isu yang cukup mengejutkan. Yaitu adanya pemanggilan (recall) terhadap 106 unit Palisade yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Diduga karena masalah kontaminasi terhadap minyak rem yang bisa mempengaruhi kinerja pengereman saat kecepatan rendah. 

Namun tidak semua unit mobil itu di-recall. Dalam keterangan resminya, hanya Palisade yang diproduksi dalam kurun waktu 9 Maret 2021 hingga 31 Maret 2021 yang mengalami recall. Sehingga jumlah unit yang di-recall jika dibandingkan dengan jumlah Palisade yang terjual di Indonesia angkanya terpaut jauh. 

Hyundai Palisade merupakan mobil di segmen premium milik pabrikan asal Korea yang diluncurkan pada akhir 2020 dan telah terjual lebih dari 2.100 unit hingga November 2021. 

Baca Juga:
Tank ini Ditemukan Mengambang di Perairan Bintan

"Kami selalu mengutamakan keselamatan dan kenyamanan pelanggan sebagai prioritas utama. Kami terus mengevaluasi data dari berbagai sumber dan tidak akan ragu untuk melakukan dan memperluas recall jika diperlukan," ujar Chief Operating Officer PT Hyundai Motors Indonesia, Makmur melalui keterangan resminya.

Saat ini, mereka sedang dalam tahap menghubungi pemilik unit yang terdampak untuk membawa kendaraannya ke dealer Hyundai yang telah ditunjuk guna melakukan pemeriksaan lebih lanjut. Dalam keterangan lanjutannya, Makmur juga menegaskan bakal melakukan penggantian brake master cylinder. Proses penggantian tersebut akan berlangsung kurang lebih selama 1,5 jam. 

"Selain itu pelanggan juga berhak menerima layanan pemeriksaan menyeluruh untuk unit Palisade yang mereka miliki. Seluruh layanan ini diberikan oleh Hyundai tanpa biaya apapun.”

Namun mereka tak menyebutkan total angka Palisade yang diproduksi dari rentang waktu selama 20 hari di Maret 2021 itu. Mengingat mobil ini masih CBU dari Korea dan mereka juga mengekspor Palisade ke beberapa negara di dunia. Beruntung karena yang beredar di pasar nasional hanya 106 unit untuk rentang waktu produksi tersebut.

Jika Anda salah satu dari pemilik mobil tersebut, sebaiknya segera melakukan pengecekan agar tidak telat. Mereka membuka layanan khusus yang bisa diakses 24 jam dengan menghubungi Hyundai Call Center di 0 800 1 878 878 (bebas pulsa).


(uda)