Apa Perbedaan Spooring dan Balancing pada Mobil?

Spooring dan balancing 04 (Foto: dunlop.co.id)
Spooring dan balancing 04 (Foto: dunlop.co.id)

Autogear.id“Bro, roda mobil lu kayaknya harus di Spooring dan Balancing deh, biar jalannya enak”, ucap seorang pemilik mobil kepada kawannya, ketika merasakan mobil sang kawan cenderung kurang enak saat dikendarai.

Sebagai pemilik kendaraan roda empat, kalian pasti sangat familiar dengan istilah Spooring dan Balancing. Istilah ini tentunya seringkali kita dengar dan temui, terutama ketika bertandang ke bengkel-bengkel mobil, khususnya di bengkel spesialis roda.

Tetapi apakah semua sudah tahu, apakah definisi sebenarnya dari istilah Spooring dan Balancing? Lalu apakah yang membedakan keduanya? 

Perlu dipahami, walaupun sama-sama memiliki fungsi untuk memperbaiki kinerja roda kendaraan, Spooring dan Balancing itu ternyata pada hakikatnya berbeda. 

Kiranya tak salah bila sedikit kita simak perbedaan antara Spooring dan Balancing. Jadi, untuk bisa mengetahui apakah ban mobil kita perlu di-Spooring atau tidak, silahkan memacu mobil pada kecepatan yang relatif rendah. 

Jika dipacu dalam kecepatan antara 40-50 km/jam, kemudian mobil kita condong berbelok ke arah kiri atau ke kanan dengan sendirinya, itu berarti mobil kita sudah perlu melakukan Spooring.

Secara umum, mobil perlu dilakukan Spooring apabila posisi setir sudah tak sama dengan posisi roda. Oleh karena itu, dalam kondisi demikian, maka posisi roda harus dikembalikan ke posisi awalnya. Caranya adalah dengan mengatur ulang front wheel alignment.

Sementara untuk mengecek kapan mobil kita perlu melakukan Balancing, silahkan memacu mobil dalam kecepatan yang kencang. Apabila saat dipacu, lantas terasa getaran yang cukup hebat di dalam kabin, berarti mobil kita harus di-Balancing.

Mengapa mobil tersebut harus di-Balancing? Ini terjadi lantaran posisi ban kanan maupun kiri, sudah menunjukkan kondisi yang tidak seimbang. 

Apabila dibawa ke bengkel, terutama bengkel spesialis roda. Pastilah mesin Balancing ban akan membaca, di mana titik yang perlu untuk diseimbangkan. Supaya mobil tidak lagi bergetar, terutama ketika dibesut dengan kecepatan tinggi.

Nah, itulah sekilas perbedaan antara spooring dan balancing. Semoga bermanfaat ya, bro...


(acf)