Penjualan Kendaraan

Jalur Baru Penjualan Multibrand Arista Group di Dunia Digital

Penjualan multibrand jadi kekuatan Arista Group di momen pandemik Covid-19. AG
Penjualan multibrand jadi kekuatan Arista Group di momen pandemik Covid-19. AG

Jakarta: Strategi penjualan brand otomotif nasional mulai berharap terhadap strategi secara digital. Lantaran dalam situasi pandemik Covid-19 seperti sekarang ini, pembatasan banyak dilakukan sehingga membuat orang-orang memilih untuk menahan untuk membeli kendaraan dengan datang ke dealer langsung.

Momentum ini pun dimanfaatkan oleh sebagian besar brand otomotif nasional melakukan program penjualan secara online. Tak terkecuali Arista Group yang membawahi beberapa brand otomotif ternama yang beredar di Indonesia.

Co-Founder & Director of Arista Group, Ali Hanafiah menegaskan dalam pernyataan persnya ketika meresmikan website penjualan mobil multibrand milik mereka, bahwa ini menjadi strategi terbaik mereka untuk memberikan kemudahan bagi konsumen yang memang tidak mau repot keluar rumah, terlebih dalam situasi seperti ini.

"Kami sangat senang hari ini bisa meluncurkan strategi pemasaran baru kami yang membawahi penjualan beberapa brand. Ini juga yang kami rasa menjadi keuntungan terbesar lantaran konsumen bebas memilih metode pembelian kendaraan. Bisa dengan cara bundling beda tipe, beda merek, beda segmen, bisa juga dengan cara trade-in," ujar Ali Hanafiah saat memberikan keterangan resminya kepada jurnalis nasional lewat video conference pada Senin (27/4/2020).

Memanfaatkan Kekuatan Multibrand

Berbeda dengan jaringan dealer otomotif yang biasanya dedikasi untuk satu merek, Arista Group justru melakukan penjualan ragam brand. Meski tetap menggunakan alokasi dealer fisik yang berbeda, namun di website mereka, penjualan dilakukan secara bersama-sama. Tentu ini jadi hal menarik, lantaran Anda bisa melakukan perbandingan antara satu tipe dengan tipe lain di dalam satu website.

Adapun brand otomotif yang bekerja sama dengan mereka di antaranya Honda mobil, Wuling, Mitsubishi, Suzuki mobil, Yamaha dan juga Hino. Tentu ini jadi hal unik, karena ada brand motor, lalu beberapa brand mobil penumpang hingga brand mobil komersial. Beberapa fitur yang mereka andalkan pun bukan hanya penjualan kendaraan baru. Tapi juga tukar-tambah kendaraan bahkan layanan purna jual mereka gelontorkan di sana.

Beli Mobil Beda Merek dengan Harga Bundling

Hal yang jadi keuntungan penjualan multibrand dalam satu website, juga soal bundling harga meski mengambil kendaraan beda segmen ataupun beda merek. Sehingga ini akan jadi kemudahan tersendiri bagi sebuah keluarga besar yang ingin membeli kendaraan berbeda untuk setiap anggota keluarganya.

"Dengan penerapan konsep ini, pelanggan dapat dengan mudah dan nyaman memenuhi kebutuhan kendaraan baru dengan berbagai pilihan model. Ilustrisinya begini, saat ingin membeli kendaraan roda empat, kemudian ingin juga membeli kendaraan roda dua. Apakah bisa? Tentu saja bisa, dan pastinya akan mendapatkan penawaran terbaik."

Jika dibandingkan dengan dealer lain seperti yang berada di bawah Astra Group, tentu strategi seperti ini jadi kekuatan tersendiri. Mengingat masing-masing brand otomotif ingin melakukan penekanan terhadap satu brand saja. Tentu pasar juga yang akan menentukan nantinya.


(uda)