Unik, di Jepang Ada Jalan Tol yang Menembus Gedung Perkantoran

Jalan Tol Hanshin Expressway yang menembus Gate Tower Building di Osaka Jepang (Foto: IG Hanshin Expressway)
Jalan Tol Hanshin Expressway yang menembus Gate Tower Building di Osaka Jepang (Foto: IG Hanshin Expressway)

Autogear.id - Berbicara mengenai jalan bebas hambatan atau jalan tol merupakan hal lumrah, karena memang jalan tol telah tersedia di berbagai negara, termasuk Indonesia.

Tetapi perihal jalan tol, di Osaka Jepang terdapat sebuah jalan bebas hambatan yang sangat unik. Mengapa demikian? Karena jalanan ini didesain masuk ke dalam sebuah gedung perkantoran. Lho kok bisa?

Seperti dikutip dari Atlas Obscura, ruas jalan bebas hambatan Hanshin Expressway memiliki panjang 240 kilometer. Jalan ini menghubungkan Kota Kobe, Kyoto dan Osaka. 

Ketika memasuki Kobe dan Kyoto, ruas tol tak ada yang istimewa, tidak ada perbedaan seperti pada umumnya. Namun sewaktu memasuki Kota Osaka, langsung kelihatan desain uniknya karena harus menembus perkantoran.

Jalan tol tersebut seolah menusuk gedung Gate Tower Building, sebuah bangunan terdiri dari 16 lantai. Posisi jalan bebas hambatan ini menembus antara lantai 5 - 7 dari gedung itu.

Hanshin Expressway menembus perkantoran tersebut melalui terowongan yang sebelumnya memang sudah dipersiapkan. 
Bila diceritakan, terowongan tersebut adalah beberapa ruang di Gate Tower Building yang sengaja dikosongkan. Kemudian insinyur melubanginya setelah memperhitungkannya secara matang. Sehingga bisa dilintasi kendaraan dengan baik, tanpa mengganggu bangunan gedung secara keseluruhan.

Sejarah dibangunnya jalan tol unik ini tak lepas dari desain pengembangan tata letak kota di tahun 1983. Termasuk di dalamnya skema memperpanjang jarak tol Hanshin hingga sampai ke Fukushima-ku.

Masalah kemudian hadir, lantaran tidak semua masyarakat di sana rela menjual tanahnya. Begitupula si empunya Gate Tower Building, yang merupakan pengusaha batu bara dan kayu, juga tak mau menjual gedung itu untuk dijadikan infrastruktur jalan tol.

Kendati demikian pemerintah Kota Osaka tidak diam, dengan menawarkan berbagai opsi. Bahkan yang paling ekstrem, sampai ada opsi untuk mencabut izin mendirikan bangunan di lokasi tersebut.

Setelah melalui musyawarah yang alot, akhirnya dicapailah kesepakatan. Dengan keputusan akhir, jalan tol akan melewati sebagian bangunan gedung seperti yang terlihat sekarang.

Menariknya, ruas tol Hanshin Expressway yang menembus Gate Tower Building justru malah melahirkan undang-undang baru yang dibuat pada tahun 1989. Isinya adalah, memungkinkan kepemilikan tanah dibagi menjadi dua pada satu titik.

Adanya Hanshin Expressway Gate Tower Building ini, pengendara seolah akan memasuki terowongan kecil. Padahal di atas, kanan dan kirinya merupakan gedung perkantoran biasa, tempat ratusan orang bekerja.

Pemerintah dan pengelola gedung pun berinisiatif, agar para pekerja kantoran di Gate Tower Building bisa tetap nyaman beraktivitas dan fokus bekerja.

Maka gedung perkantoran tersebut dipasangi dinding dan lantai kedap suara, supaya tidak bising. Sedangkan para pengguna jalan tol Hansin Expressway bisa dengan nyaman melanjutkan perjalanannya. Unik ya.


(acf)