Ada Motor Bisa Terbang, Harganya Capai Rp5,5 M

Motor terbang Speeder (foto Jetpack Aviation)
Motor terbang Speeder (foto Jetpack Aviation)

Autogear.id - Perkembangan teknologi yang semakin canggih sepertinya kian tak terbendung. Dunia otomotif pun semakin dibuat terkejut, dengan diperkenalkannya sepeda motor terbang garapan perusahaan Jetpack Aviation.

Sepeda motor terbang tersebut dinamai P1, atau sering disebut dengan Speeder, telah sukses melakoni penerbangan perdananya disaksikan khalayak ramai.

Dalam uji coba perdana yang dilakukan di wilayah California Selatan, Amerika Serikat, beberapa waktu lalu, motor terbang ini mampu lepas landas vertikal dan mendarat dengan mulus. Dilansir dari laman Hindustan Times, motor terbang ini bukan hanya bisa lepas landas dan mendarat. Melainkan juga dapat terbang dan melesat dengan sempurna di udara.

Sekilas melihat Speeder mengingatkan kita akan tunggangan Green Goblin, musuh dari Spiderman dipadukan dengan Batpod, motor tunggangan Batman. Hebatnya lagi, perusahaan Jetpack Aviation mengklaim, kalau sepeda motor Speeder dapat terbang di ketinggian 15.000 kaki. 

embed

Motor terbang Speeder ini juga diklaim bisa terbang dengan kecepatan tertinggi, yakni mencapai 241 km/jam. Dengan durasi terbang bisa bertahan selama 30 menit. Bahkan Speeder mampu membawa terbang pilot dan penumpang, dengan berat total hingga mencapai 105 kg.

Menurut Jetpack Aviation, Speeder rencananya akan memiliki dua varian berdasarkan peruntukkannya. Yakni untuk tujuan rekreasi, dan juga untuk operasi militer atau penyelamatan/rescue. Namun, yang perlu diperhatikan adalah untuk mengendalikan motor terbang ini dibutuhkan sosok pilot yang sudah mendapatkan pelatihan khusus.

Jetpack Aviation juga mengatakan, sejauh ini untuk bisa mengendarai sepeda motor terbang Speeder, diperlukan lisensi pilot yang disediakan JPA. Atau oleh salah satu pusat pelatihan resmi perusahaan.

Kabar baiknya, sampai saat ini Speeder sudah dapat dipesan dalam tahap pesanan pra-peluncuran, di situs resmi Jetpack Aviation. Supaya dapat memiliki motor terbang ini, peminat bisa merogoh kocek sebesar USD 380.000 atau sekitar Rp 5,5 miliar. Berminat?


(acf)