Waspadalah...Waspadalah! Ini 5 Jenis Motor yang Jadi Incaran Maling

Ilustrasi Medcom
Ilustrasi Medcom

Autogear.id - Pencurian kendaraan bermotor (curanmor) haruslah diwaspadai. Walaupun aparat kepolisian selalu menindak dan menangkap pelakunya, tetapi tetap saja masih terdengar kejahatan curanmor yang kembali terjadi.

Umumnya korban curanmor adalah roda dua. Ironisnya, kasus curanmor tidak cuma terjadi di jalanan atau tempat umum. Kadangkala, motor yang sedang terparkir manis di halaman atau garasi rumah, juga tak luput jadi target pencurian. 

Terlepas dari motif dan modus pencurian kendaraan bermotor, pastinya pemilik kendaraan, dalam hal ini pemilik motor, bakal dihantui rasa khawatir tunggangan kesayangannya menjadi incaran maling.

Lantas, sebetulnya jenis motor seperti apa yang jadi incaran pencuri? Nah, berikut Autogear.id merangkum 5 kondisi motor yang rawan digondol pencuri.

1. Kondisi standar

Yakni motor yang spesifikasi dan kelengkapannya masih standar bawaan pabrikan. Sekarang kalau dipikir, bila konsumen minat untuk membeli motor bekas, pasti dicari motor yang standar. Seperti spionnya masih komplit, bodi dan jok masih orisinil, dan sebagainya.

Ketika motor dalam kondisi standar, maka nilai jualnya cenderung tinggi. Alasan inilah yang membuat pencuri senang dengan motor standar. Buat maling, motor standar itu nantinya bakal dipreteli dan dijual terpisah.

Suku cadang motor orisinil di pasaran, meski statusnya copotan, tetap saja memiliki harga tinggi. Apalagi masih dalam kondisi mulus. Banyak yang minat suku cadang copotan karena dianggap lebih berkualitas.

2. Keluaran terbaru

Jangan sepelekan pengetahuan maling seputar motor keluaran baru. Bahkan, motor yang baru akan dirilis pabrikan bisa jadi mereka sudah tahu. 

Ada sejumlah alasan kenapa motor baru jadi prioritas pencurian. Pertama, harga jual yang tinggi. kedua, permintaan pasar akan komponen motor itu juga tinggi. Ketiga, lebih cepat laku terjual dibanding motor yang sudah berumur.

3. Motor matic

Sekarang memang jamannya motor matic, dengan populasi pengguna yang besar. Alhasil, ini menjadi satu alasan motor matic menjadi salah satu favorit maling. Sebaiknya pemilik motor tidak sembarangan parkir, meleng sedikit bakal digasak pencuri. 

Ibarat hukum pasar, dimana ada banyak permintaan, maka tinggi pula penawarannya. Motor matic jadi incaran karena gampang dijual, dan nilainya tinggi. Sebut saja Honda BeAT, Vario, Scoopy, Yamaha NMax, Fino dan Soul GT. 

4. Harga sekennya tinggi

Roda dua seken dengan harga jual yang relatif masih tinggi, atau menjadi collecting item, juga lumayan ikut digemari pencuri. 

Meski tahun produksinya sudah uzur, tetapi kalau lagi dicari banyak orang, kerap kali disasar maling. Misalnya saja Yamaha RX-King. Lantaran stop produksi, harga Yamaha RX-King melambung tinggi hingga puluhan juta, malah ada yang mendekati ratusan juta.

5. Terlaris di pasaran

Kalau mau tahu mana motor yang paling laku di pasaran, mungkin bisa intip-intip data yang dirilis  Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) yang sering dikutip di media massa atau media sosial. 

Asosiasi produsen motor di Indonesia itu selalu memperbarui data-data motor apa saja yang paling diminati masyarakat, dan banyak terjual di pasaran. Karena digemari dan dicari banyak orang, jenis motor ini mau tak mau termasuk daftar incaran si ‘tangan panjang’.


(acf)