Sambut Hari Kemerdekaan, Polres Dairi Bagi-bagi Bendera Merah Putih dan Masker

Polres Dairi membagi-bagikan bendera Merah Putih kepada para pengendara di jalan raya (Foto: Instagram Polres Dairi)
Polres Dairi membagi-bagikan bendera Merah Putih kepada para pengendara di jalan raya (Foto: Instagram Polres Dairi)

Autogear.id – Bulan Agustus, menjadi bulan sakral bagi kehidupan berbangsa dan bernegara Indonesia. Karena pada bulan Agustus, Indonesia merayakan Hari Kemerdekaan setiap tanggal 17 Agustus.

Layaknya perayaan kemerdekaan pada umumnya, momentum hari kemerdekaan selalu dimanfaatkan oleh masyarakat Tanah Air. Mulai dari mengenang jasa para pahlawan, yang berjuang merebut kemerdekaan. Hingga gelaran berbagai kegiatan dan lomba dalam mengisi hari kemerdekaan.

Banyak kegiatan dilakukan juga untuk menumbuhkan semangat dan rasa sukur, dalam mengisi kemerdekaan negara Republik Indonesia ke-76 tahun ini. Seperti upacara pengibaran bendera merah putih, malam renungan, hingga lomba 17-an, misalnya lomba makan kerupuk, balap karung, panjat pinang, karnaval 17-an dan banyak lagi.

Semua orang Indonesia bebas melakukan kegiatan positif apa saja, yang tentunya dapat menumbuhkan rasa sukur dan semangat cinta Tanah Air. Apalagi di usia negara kita tercinta, yang tahun ini masuk 76 tahun.

Namun, pandemi covid-19 yang sementara ini masih terjadi di Bumi Pertiwi, membuat sebagian besar masyarakat tidak mengadakan keriaan 17 Agustusan, seperti tahun 2019 dan tahun-tahun sebelumnya. 

Banyak yang mengalihkan kegiatan yang cenderung mengumpulkan massa, menjadi sebuah aktivitas positif namun tidak menghilangkan makna memperingati dan merayakan hari kemerdekaan. Contohnya seperti yang dilakukan oleh Kepolisian Resort (Polres) Kabupaten Dairi, Sumatera Utara.

Dalam akun Instagram mereka, Polres Dairi terjun langsung ke masyarakat, dengan kegiatan positif dan sarat makna, yakni membagikan bendera Merah Putih plus masker kepada para pengendara, motor maupun mobil, yang sedang melintas di jalan raya.

Kegiatan bagi-bagi bendera kebangsaan tersebut dipimpin langsung oleh Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasatlantas) Polres Dairi, AKP Herliandri bersama sejumlah jajarannya. Para pengendara pun antusias menerima pemberian tersebut. 

Karena memang selama ini tak umum, ketika pihak kepolisian membagikan bendera Merah Putih berukuran kecil ke pengendara di jalan raya. “Terima kasih atas pemberian dan maskernya Pak,” ucap seorang pengendara seperti dilansir salah satu media lokal kabupaten Dairi.

Kapolres Dairi AKBP Ferio Sano Ginting melalui Kasatlantas juga mengimbau kepada seluruh masyarakat Dairi, untuk memasang bendera Merah Putih yang dimulai tanggal 1 - 31 Agustus di depan Mako Polres Dairi, beberapa waktu lalu.

"Kegiatan memberikan bendera dan masker ini kita laksanakan, sekaligus menyampaikan himbauan kepada seluruh warga masyarakat. Untuk bersama sama mengibarkan bendera Merah Putih di depan rumahnya, mulai dari tanggal 01 Agustus sampai dengan 31 Agustus 2021,” sebut Kasatlantas dalam keterangannya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kasat Sabhara Polres Dairi Iptu Tugono, KBO Lantas IPTU WTP Sinaga, Kasi Propam Polres Dairi Ipda Kornel Situmorang, serta personil Satlantas dan Sabhara.


(acf)