Komponen Aftermarket

Pilih-Pilih Pelek Vespa Lokal, Coba Lirik SOCA Wheels

Pilih-pilih velg aftermarket untuk Vespa kesayangan, coba lirik SOCA wheels ini. SW
Pilih-pilih velg aftermarket untuk Vespa kesayangan, coba lirik SOCA wheels ini. SW

Autogear.id - Mendandani kendaraan kesayangan bukan hal tabu di Indonesia. Lantaran perilaku seperti ini sudah lazim digunakan para bikers untuk membuat tampilan tunggangannya lebih menarik. Velg atau pelek adalah salah satu komponen yang bisa jadi pertimbangan. Nah soal ini, tentu Anda sangat bisa memilah dan memilih pelek yang akan Anda pasang. 

Direktur Utama SOCA, Indra Pratama produsen salah satu produk aftermarket pelek yaitu Soca Wheels menegaskan, mereka muncul karena melihat pasar Vespa di Indonesia semakin tumbuh dan menjadi salah satu segmen yang mampu mengekspresikan gaya hidup pemiliknya. 

“Pelek adalah brand aksesori aftermarket untuk Vespa yang mengedepankan desain dan model selaras dengan skuter dari Italia tersebut. Kami menampilkan rancangan gaya desain humanis namun tetap terlihat sporty dan elegan. Pelek ini pun dirancang sedemikian rupa agar dapat dipasang semudah mungkin dengan minim perubahan jika diperlukan,” ungkap Indra.
 
Bicara soal, tentu mereka juga tak mau dibilang alakadarnya. Lantaran pelek ini diklaim berkualitas internasional. Lantaran telah mengantongi sertifikasi Standar Nasional Indonesai (SNI) dan Japan Light Allow Wheel (JWL) standar mutu keselamatan di Jepang untuk jenis pelek.  

Baca Juga:
Honda Segera Rilis All New Step WGN e:HEV, Apa Saja Keunggulannya?

Untuk produk awal, mereka merilis pelek untuk Vespa modern dengan disc brake seperti GTS, GTV, dan 946, yang dirancang khusus bisa terlihat menonjol di tengah keramaian. Dengan ukuran diameter 12 inchi dan lebar tapak 3.00 inchi, komponen yang dibalut ban ini juga sangat memperhatikan keselarasan antara desain serta kekuatan produk, daya tahan pemakaian, dan pengurangan inersia saat digunakan di jalan raya dengan menggunakan ban tubeless. 

Kepala Divisi Desain Riset dan Pengembangan SOCA, Rizqi Pratama mengatakan, pelek ini memiliki berat bersih 2.6 kg atau 2590 gram dengan kapasitas angkut per unitnya mampu menahan beban di 215 kg. Daya tahan pun juga sudah diuji melalui alat khusus berupa roda simulasi sebanyak 500.000 putaran pada kecepatan 60 KM per jam.

”Pelek ini dibuat menggunakan material alumunium dengan teknik casting, namun pelek SOCA sudah melalui serangkaian tes uji coba standar pabrik pelek international untuk memenuhi kebutuhan standar keamanan pelek alumunium di jalan raya yang sudah ditentukan oleh pemerintah Indonesia (SNI) dan juga standar keamanan pemerintah Jepang (JWL),” sebut Rizqi. 

Baca Juga:
Sanders Kembali Menangi Etape, Rute Motor Dipotong

 
Saat ini mereka memiliki dua pillihan model koleksi pelek perdananya yaitu R-AF, pelek palang lima dengan tampilan elegan khas tahun 60-an dengan tiga pilihan varian warna, abu-abu, emas dan hitam. Yang kedua adalah R-AR, pelek dengan tampilan khas balap era 80-an yang juga hadir dengan tiga pilihan varian warna berbeda, putih, gun metal dan emas. 

Soal banderol, ternyata cukup mahal juga, yaitu berbanderol di harga Rp6 juta untuk satu set depan belakang pada setiap model dan varian warnanya. UNtuk tipe MHC dipasarkan di harga Rp450 ribu untuk setiap varian warnanya. 

Saat ini pelek itu hanya bisa dibeli di Bellissimo Indonesia di Jl. Artowijoyo Blok G1 No 9 Kencana loka, BSD, Tangerang Selatan dan Vespamatic Store Bali, yang beralamat di Jl. Gunung Soputan No.22, Denpasar Barat, Bali. 


(uda)