Sentul Karting

Wajah Baru Sentul Karting Dipuji Promotor Asia

Sentul International Karting Circuit jadi tuan rumah kejuaraan gokart IAME Series Asia 2020 round 1. Adri
Sentul International Karting Circuit jadi tuan rumah kejuaraan gokart IAME Series Asia 2020 round 1. Adri

Autogear.id: Renovasi total di Sentul Karting Circuit mulai menunjukkan hasil. Mengawali tahun 2020, sudah ada dua kejuaraan gokart Asia yang mampir ke Sentul Karting antara lain Asia Karting Open Championship (AKOC) serta IAME Series Asia yang berlangsung tanggal 23 Februari lalu. 

Tak hanya itu, tahun 2020 juga menjadi sejarah karena untuk pertama kalinya Indonesia menjadi tuan rumah dua kejuaraan bergengsi tersebut. 

Daniel Ling selaku Organizer IAME Series Asia mengatakan bahwa pihaknya sudah mengambil keputusan tepat untuk memilih Indonesia menjadi salah satu tuan rumah IAME Series Asia 2020. 

"Alasan kami memilih Indonesia sebagai tuan rumah round 1 IAME Series Asia karena sebelumnya kami sudah berpikir untuk mengadakan event disini dan memberikan kesempatan sentul international karting circuit untuk menjadi venue balapan IAME. Dan akhirnya kita putuskan tahun ini, kami bekerjasama dengan partner di Indonesia (Eshark Motorsport), dan mengembangkan komunitas kami disini," ujar Daniel Ling beberapa waktu lalu. 

Lebih lanjut, Daniel juga memuji karakter Sentul Karting Circuit yang ternyata juga lebih menantang dibanding sirkuit-sirkuit gokart lainnya di Asia Tenggara. 

"Sentul karting menurut saya sirkuit gokart yang sangat menarik, sangat teknikal, dan karakternya cepat. Para pegokart bisa melakukan action (overtaking) hampir di setiap tikungan disini," sambung Daniel. 

Selain itu, faktor cuaca juga menjadi tantangan terbesar untuk menaklukkan Sirkuit Sentul. Karena itu, strategi pegokart dalam menjalani semua sesi mulai dari qtt, heat, pre final, hingga final sangat menentukan.

"Cuacanya juga sulit diprediksi. Ini memberikan tantangan kepada semua pembalap tidak hanya untuk mengejar catatan waktu tapi juga berpikir untuk memainkan strategi yang tepat. Intinya sirkuit sangat bagus untuk event balap," tutup Daniel yang berniat menjadi Sentul Karting sebagai venue reguler IAME Series Asia di tahun-tahun mendatang.


(uda)