Navigasi dan GPS

Trik Waze Agar Pengemudi Jalankan Protokol Kesehatan

Waze Mencatat Peningkatan Lalu Lintas. ist
Waze Mencatat Peningkatan Lalu Lintas. ist

Autogear.id: Lalu lintas di kota-kota besar di Indonesia kembali melonjak di masa kenormalan baru. Rata-rata peningkatan kepadatan lalu lintas sebesar 24,3 persen berdasarkan data provider layanan navigasi, Waze. 

Beberapa kota seperti Jakarta, Bekasi, Tangerang, dan Tangerang Selatan merupakan kota-kota dengan peningkatan lalu lintas tertinggi. 

Tak hanya itu, kemacetan lalu lintas di Tangerang meningkat 32,7%, Bekasi 22,5%, Jakarta 21,7%, dan Tangerang Selatan 20,1%. Angka-angka ini menunjukkan tren peningkatan lalu lintas di jalan raya dibandingkan dengan periode saat PSBB pertama kali diterapkan pada 23 April hingga 23 Mei. 

Peningkatan lalu lintas di kota Tangerang relatif lebih tinggi, juga disebabkan peningkatan jumlah karyawan yang pulang pergi ke ibu kota Jakarta untuk bekerja pasca pelonggaran kebijakan pembatasan. 

Country Manager Waze Indonesia, Marlin R. Siahaan mengatakan bahwa pihaknya tetap menstimulasi pengemudi agar terus mengikuti arahan pemerintah Indonesia, serta memberikan informasi tentang semua protokol kesehatan yang diperlukan dan mempraktikkan jarak sosial, terutama saat bepergian maupun saat bekerja di kantor.

“Menanggapi wabah Covid-19 di Indonesia, Waze telah menambahkan lebih dari 130 rumah sakit rujukan pada peta kami untuk mendukung upaya tanggap darurat. Pengguna Waze dapat menemukan rumah sakit rujukan terdekat dengan memasukkan kata kunci seperti COVID, covid, coronavirus, virus korona, dan rumah sakit corona" di kolom pencarian," terang Marlin. 


(uda)