IMX 2021 Limitless All Virtual Banjir Konten Unik 

Juara kedua IMX 2021, Deden Desmahikmawan dari Depok yang mengusung konsep Power Ace Bakery Mobile, konsep motor roda tiga listrik untuk jual roti keliling. (Foto: IMX 2021 Virtual Stage)
Juara kedua IMX 2021, Deden Desmahikmawan dari Depok yang mengusung konsep Power Ace Bakery Mobile, konsep motor roda tiga listrik untuk jual roti keliling. (Foto: IMX 2021 Virtual Stage)

Autogear.id - Event tahunan Indonesia Modification Expo (IMX) 2021 berhasil terselenggara secara virtual Sabtu (2/10). Gelaran IMX 2021 Virtual Stage bertema Limitless-All Virtual berlangsung hanya tiga jam, pukul 13.00 - 16.00 WIB.

Acara ini secara resmi dibuka oleh Taufiek Bawazier, Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Kementerian Perindustrian Republik Indonesia (Kemenperin RI).

Tahun ini kali ke empat perhelatan pameran modifikasi tersebut digelar, meski dilaksanakan secara online, karena masih menyiasati kondisi PPKM saat ini. 

Panitia mencatat puluhan ribu tiket online puncak IMX 2021 laku terjual. Malah hampir 4% pengunjung berasal dari luar negeri. Memperlihatkan potensi pertumbuhan industri otomotif nasional, khususnya sektor aftermarket.

“Kolaborasi lintas industri turut menopang puncak acara IMX 2021. Kami berterimakasih kepada teman-teman aftermarket dan industri lain yang punya tekad sama, untuk tetap berkarya. Terus berupaya hadirkan inovasi yang menginspirasi kancah modifikasi secara global”, ujar Andre Mulyadi, IMX Project Director. 

Taufik menambahkan, indikator munculnya expo seperti IMX memicu perkembangan produk-produk dan bengkel modifikasi. Membuktikan modifikator Indonesia tak kalah bersaing di industri mancanegara. 

“Selamat atas terselenggaranya IMX 2021. Saya percaya acara ini dapat terus berkembang, menjadi sarana untuk menunjukkan state of the art kreativitas dan kemampuan anak Bangsa. Kemenperin RI akan selalu mendukung”, ucapnya.

Berbagai konten menarik dihelat dalam acara yang berlangsung selama tiga jam. Antara lain IMX Digital Market. Setiap tenant produk dan jasa aftermarket di IMX 2021 memiliki program promosi dalam Shopee IMX Digital Market, yang berlangsung pada 2-3 Oktober. 
Mulai dari karpet mobil, sticker, car cover, car detailing, lampu, audio, velg, air suspension, kaca film, body kit, sampai mobil baru.

Lebih dari 40 merek otomotif dan modifikasi berjualan di IMX Digital Market di e-commerce Shopee, dengan program diskon hingga 70%. Kemudian ada konten Live Modz 2021, sebuah kompetisi kreativitas modifikasi tiga ‘Car Enthusiast’ dalam memodif Suzuki Katana yang sudah dijurikan dan dipresentasi sebelumnya. 

Ada PowerAce Digimodz, kontes desain yang diinisiasi Kemenperin RI dalam mendorong pengembangan motor roda tiga listrik PowerAce, serta penggunaannya untuk Usaha Kecil dan Menengah (UKM). PowerAce Digimodz mencatatakan 127 karya yang masuk dan dinilai tiga juri. Hingga dua karya dipilih menjadi juara 1 dan 2. Keduanya ditampilkan di IMX 2021 Virtual Stage. 

Pemenangnya adalah PowerAce dengan konsep bengkel keliling garapan Fairuz Sinatriya asal Surabaya, berhak menerima penghargaan dan piala Menteri Perindustrian.

Juara kedua Deden Desmahikmawan dari Depok yang mengusung konsep Power Ace Bakery Mobile, konsep motor roda tiga listrik untuk jual roti keliling.

Karma Bodykit 86 Version 2, merek body kit buatan Indonesia, sengaja meluncurkan lini produk terbarunya Karma Version 2 khusus model 86 di gelaran IMX 2021. 

Melalui produk tersebut, body kit ini kian dikenal secara global. Data terakhirnya, lebih dari 35 set body kit diekspor, dominan pasar Amerika Serikat dengan persentase penjualan 85%. 

Honda City Hatchback RS Pengepul Mobil x NeverTooLavish. Mobil modifikasi berbasis City Hatchback RS tampil eye catching usai diberi sentuhan artistik modifikator Pengepul Mobil dan seniman grafis NeverTooLavish. 

Carsome X RawtypeRiot, merek streetwear Rawtype Riot rilis edisi spesial mobil Nostalgic Series Honda Civic SB3 dan SB4 dan jaket racing varsity. Kolaborasi dengan platform jual beli mobil Carsome Indonesia.

Tema Golden Age ‘Playground’ di kedua mobil ikonik diwujudkan berkat sentuhan modifikasi ZC Distromotive. Alhasil seluruh ubahan dioptimalkan untuk mengembalikan kembali wujudnya seperti era keemasan 1980 hingga 1990. 

The Ultimate NMAA Top 50, Toyota Hilux Mega Cabin lansiran 2015 milik Rangga Polnaja terpilih sebagai pemenangnya. Selain Hilux, Top 5 lainnya adalah BMW F30, Nissan GTR R34, BMW 640, dan Nissan S15. 

Tak ketinggalan pemenang Supergiveaway, sebagai bagian dari konten IMX setiap tahunnya. Semua pengunjung IMX 2021 yang memiliki tiket berkesempatan mendapatkan hadiah undian. Pemenangnya adalah Franky Okto dari Tangerang, membawa pulang Honda Integra DA5 Simplicity by Garasi Drift. 


(acf)