Ulas Mobil Baru

Jajal Hyundai Creta, Ini Fitur Keren yang Ditawarkan!

Menjajal Hyundai Creta untuk pertama kalinya di seputar Kawasan Industri Cikarang, Jawa Barat, memberikan gambaran betapa canggihnya fitur-fitur yang diboyong mobil ini. AG/Ahmad Garuda
Menjajal Hyundai Creta untuk pertama kalinya di seputar Kawasan Industri Cikarang, Jawa Barat, memberikan gambaran betapa canggihnya fitur-fitur yang diboyong mobil ini. AG/Ahmad Garuda

Autogear.id - Hyundai Indonesia memang sudah meluncurkan Creta bersamaan dengan dimulainya kembali pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 beberapa waktu lalu. Namun mobil ini sama sekali belum punya show unit di dealer mana pun. Sehingga konsumen mereka benar-benar hanya bisa melihat unit tersebut di pameran otomotif GIIAS tahun lalu.

Namun rasa penasaran akan mobil yang diklaim punya banyak fitur keren itu, akhirnya terpecahkan ketika brand asal Korea ini memberikan kesempatan untuk menjajal langsung mobil yang punya 4 varian tersebut. Kebetulan Autogear diberikan kesempatan untuk menjajal versi tertinggi yaitu Varian Prime. 

Namanya varian tertinggi, sudah pasti banyak fitur keren yang ditawarkan. Termasuk fitur kenyamanan, keselamatan, hingga fitur-fitur kemewahan yang biasanya hanya ada di mobil-mobil mewah. Lalu apa saja yang sempat kami rasakan? Silakan simak ulasan singkatnya berikut ini.

embed

Fitur Bluelink 
Fitur pertama yang mereka tunjukkan kepada kami adalah canggihnya fitur bluelink. Apa sih bluelink? Ini adalah teknologi sistem koneksi atau inovasi Connected Car Service. Fungsinya tentu sangat banyak. Mulai dari mencari lokasi parkir mobil dengan menyalakan lampu dan klakson menggunakan fitur Remote Horn & Light Control, serta mempersiapkan kendaraan dengan menyalakan dan mengatur suhu ruangan di dalam kabin menggunakan fitur Remote Start/Stop dan Climate Control.

Baca Juga:
Pesanan New BR-V Tiba di Semarang, Konsumen Girang

 
Selain itu, teknologi ini juga dapat mengirimkan notifikasi melalui smartphone jika ada orang yang tidak berkepentingan memasuki mobil Anda atau melakukan upaya pencurian kendaraan. Notifikasi itu akan dikirim melalui fitur Stolen Vehicle Notification. Fitur ini akan mengaktifkan Stolen Vehicle Tracking dengan bantuan dari Hyundai Bluelink Call Center. 

Fitur-fitur tersebut kemudian juga akan didukung oleh Stolen Vehicle Immobilization, layanan yang tersedia di Hyundai Bluelink untuk menghubungi Call Center dan meminta mobil yang dicuri tersebut untuk berhenti beroperasi sementara.

Pemilik mobil ini pun dapat menekan tombol SOS/Bluelink pada overheard console dalam situasi tertentu yang dapat secara otomatis terhubung ke Call Center dan menghubungi bantuan medis atau Roadside Assistance (RSA). 

Pengendara yang mengalami kecelakaan dengan airbag yang mengembang akan secara otomatis terhubung ke Hyundai Bluelink Call Center  dan mengaktifkan Auto Collision Notification. Mobil ini juga dilengkapi dengan Valet Mode, dimana pemilik dapat menjaga privasi dan melihat informasi kendaraan. Fitur ini juga dapat menghidupkan mesin, mengetahui jarak berkendara, kecepatan maksimum yang dilakukan, dan semuanya terhubung melalui aplikasi Hyundai Bluelink.

Fitur Keselamatan Canggih
Mobil-mobil terbaru sekarang, memang diciptakan dengan memperhatikan sistem keselamatan untuk berkendara di jalan raya dengan sangat baik. Terlebih jika bermain di rentang harga mulai Rp279 juta hingga Rp399 juta. Saat menjajalnya ke jalan umum seputar kawasan industri di Cikarang, fitur-fitur yang mereka namakan sebagai Hyundai SmartSense ini terbilang cukup efektif. 

Baca Juga:
Presdir Dyandra Undang Jokowi Riding dari Istana Buka IIMS 2022?

Untuk varian tertinggi yaitu Prime, kelengkapan fitur keselamatan seperti Forward Collision-Avoidance Assist (FCA), Blind-Spot Collision-Avoidance Assist (BCA), Lane Keeping & Lane following Assist (LKA & LFA), Driver Attention Warning (DAW), Driver Rear View Monitor (DRVM), Rear Cross-Traffic Collision-Avoidance Assist (RCCA), Safe Exit Warning (SEW), High Beam Assist (HBA).

Fitur Kemewahan di Kabin
Tak kalah mentereng, bagian yang tentunya sangat menyenangkan adalah kehadiran ragam fitur keren yang bisa dirasakan dan dimanfaatkan ketika Anda berada di dalam kabin. Di antaranya adalah Cooled Glove Box, Ambient Mood Lamp, Panoramic Sunroof, Ventilated Seat, Full TFT LCD Meter Cluster measuring 10.25 inches,dan BOSE Premium Sound System devices. 

Bagi Anda yang telah memiliki smartphone dengan sistem pengisian baterai wireless, tentu akan sangat terbantu di mobil ini. Lantaran Anda hanya menempatkan smartphone di konsol tengah dan akan terisi dengan sendirinya. 

Teknologi Mesin Kapasitas Kecil Namun Tenaga Besar
Proving Ground Test Track yang dibangun khusus di pabrik Hyundai Motor punya beberapa fitur yang sempat kami manfaatkan. Termasuk pengujian di zona tanjakan sekitar 30 derajat. Mengingat mobil ini memiliki sistem penggerak roda depan. 

Baca Juga:
Tersisa Sebulan, Dyandra Optimis IIMS Bisa Jalan

Di trek ini, peserta bisa langsung merasakan kinerja mesin Smartstream 1.5L dengan sistem Intelligent Variable Transmission (IVT), yang mampu menghasilkan performa tangguh, responsif, efisien, serta dilengkapi fitur Drive Mode untuk mengatur pilihan gaya berkendara yang paling sesuai, yaitu mode berkendara Eco, Comfort, Smart dan Sport. Teknologi IVT juga memungkinkanmobil ini mencapai tenaga maksimal hingga 115 ps/6.300 rpm dengan torsi maksimal hingga 143,8 Nm/4.500 rpm.

Namun unutk mengetahui sejauh mana efektifitas konsumsi BBM-nya, tentu dibutuhkan pengetesan dengan jarak lebih jauh. Semoga nanti kami mendapatkan kesempatan untuk melakukan pengujian ini.


(uda)