Balap Mobil

Jadi Co-Driver Dadakan Ken Block, Pria Ini Gagal Total

Zac Mertens gantikan Alex Gelsomino sebagai co-driver Ken Block. hoonigans
Zac Mertens gantikan Alex Gelsomino sebagai co-driver Ken Block. hoonigans

Autogear.id: Co-driver atau navigator dalam sebuah balapan rally memiliki peran besar dan sangat menentukan hasil balapan. 

Kemampuan memahami pace note alias petunjuk dan bahasa kode merupakan syarat wajib. Pace note inilah yang menjadi alat komunikasi antara pereli dan navigatornya. 

Jika navigator salah memberi petunjuk atau salah membaca pace note, maka resikonya mereka akan kehilangan banyak waktu dan gagal memang atau resiko terburuk bisa berakhir celaka. 

Secara teori, menjadi seorang navigator memang terkesan tidak sulit. Akan tetapi dalam prakteknya, ternyata menjadi navigator tak semudah yang dibayangkan. 

Dalam sebuah video yang diunggah oleh pereli Amerika Serikat, Ken Block. Ia menantang Marketing Director Hoonigan Racing Division, Zac Mertens untuk menjadi navigatornya menggantikan Alex Gelsomino. 

 

 

 

Di video tersebut, Zac Mertens pada dasarnya memahami cara membaca pace note. Namun nyatanya ia gagal total saat mendampingi Ken Block melibas trek rally di Ohio, Amerika Serikat. 

Konsentrasi Zac justru terganggu dengan aksi Ken Block yang terlalu agresif. Alhasil Ken Block pun melesat tanpa panduan dari Zac. Untung drivernya Ken Block, coba kalau yang lain. 

 


(uda)