Mobil Listrik

Mobil Listrik Aman Dikendarai, Aman Juga Buat Lising?

TAF siap berikan layanan pembiayaan terbaik untuk permintaan kendaraan listrik Toyota. TAF
TAF siap berikan layanan pembiayaan terbaik untuk permintaan kendaraan listrik Toyota. TAF

Autogear.id – Memiliki mobil baru melalui perusahaan pembiayaan atau lising sepertinya tidak hanya sebatas mobil konvensional. Tampaknya kini memiliki mobil hybrid bahkan full electric bisa pula melalui lising. Apalagi sekarang ini kian bertambah produk mobil hybrid dan listrik yang beredar di Tanah Air. 

Didukung lagi oleh adanya insentif yang diberikan pemerintah Indonesia, terhadap sejumlah kendaraan listrik baik mobil maupun motor dengan syarat-syarat tertentu. Menyikapi pertumbuhan kendaraan roda empat hybrid maupun listrik penuh di Indonesia, PT Toyota Astra Financial Service (TAF) sebagai salah satu perusahaan multifinansial papan atas di Indonesia juga melihatnya sebagai peluang. Walaupun masih ada Batasan dalam penerapannya.

Seperti diutarakan DRM 1 dan Digital Marketing Dept. Head TAF, Richard Wang dalam sesi ramah tamah sekaligus buka puasa bersama belasan media nasional di kawasan Mega Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (30/3/2023). 

Menurut Richard, saat ini untuk retail mobil listrik kebetulan jumlah sampelnya belum banyak. Mobil listrik seperti Toyota bZ4X masih lebih diperioritaskan masuk ke korporasi, ke instansi-instansi, seperti ke Kemenkomarves. Jadi belum banyak ke retail. 

Baca Juga:
Beringas di Putaran 3,000 RPM, Wuling Alvez Lemot di Putaran Awal?

“Sedangkan Innova Zenix dan Hybrid, walaupun belum full electric, tapi segmennya banyak yang set up dari Innova, baik itu Innova lama maupun baru. Tapi karakter konsumennya bukan first car buyers, melainkan orang yang sebelumnya sudah punya mobil lalu mengambil yang baru,” paparnya.

Umumnya para konsumen ini merupakan orang-orang yang mengambil tenor angsuran 2 sampai 3 tahun dengan uang muka rata-rata 30 persen. Mantan Kepala Cabang TAF di sejumlah daerah seperti Depok, Bogor, Bandung dan Medan ini sedikit menambahkan terkait target di bulan Ramadan dan Idul Fitri 1444 H.

Diakuinya, selama 3 bulan dari April hingga Juni 2023, pihaknya membidik 1200 - 1500 SPK per bulan. Itu pun hanya untuk empat tipe, yaitu Avanza, Rush, Veloz dan Raize. “Karena dalam sebulan kita bisa menjual semua tipe Toyota sebanyak 5000 unit. Sementara dari angka tersebut, kontribusi empat tipe tadi lebih kurang 43 persennya,” tukas Richard.

Perusahaan pembiayaan yang terdaftar dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) ini pun menghadirkan penawaran spesial Ramadan. Berupa bunga 1,99 persen, uang muka start 20 persen, dan diskon cicilan up to Rp 10 juta untuk empat tipe mobil di atas. Kemudian penawaran New Agya dengan uang muka start 10 persen, cicilan mulai Rp 3 jutaan free admin, uang muka start 25 persen, dengan bunga mulai 2,77 persen.

Baca Juga:
Pemerintah Bolehkan Mudik, Pengguna Wuling Bisa Manfaatkan 70 Titik Ini

Selain penawaran istimewa Ramadan, perusahaan lising grup Astra ini juga menyajikan penawaran lain, berupa bunga 0 persen untuk tenor 12 bulan. Lalu untuk Innova Zenix dan New Calya ,uang muka 10 persen, dengan tenor 5 tahun. Tak ketinggalan penawaran spektakuler, gratis asuransi hingga 2 tahun dan bunga 0 persen.


(uda)