Test Ride

Begini Sensasi Mandi Lumpur Bareng Yamaha WR 155 R

Sensasi mandi lumpur pakai Yamaha WR155 R, sensasi seru yang tak bisa didapatkan di trek jalan raya. YIMM
Sensasi mandi lumpur pakai Yamaha WR155 R, sensasi seru yang tak bisa didapatkan di trek jalan raya. YIMM

Autogear.id - Yamaha Indonesia menggelar ajang balap ketahanan offroad bertajuk Shell bLU cRU Yamaha Enduro Challenge pada tanggal 1-2 Oktober 2022 di kawasan Hambalang, Jungle Land, Sentul, Bogor. 

Dalam kesempatan ini, Yamaha juga mengajak jurnalis untuk sekaligus merasakan sensasi melibas lintasan offroad ekstrim dengan motor Yamaha WR 155 R yang juga menjadi tunggangan seluruh peserta balapan ketahanan tersebut. 

Motor WR 155 R merupakan model andalan Yamaha di segmen trail. Motor ini juga populer di kalangan komunitas pencinta offroad ataupun terabasan. Dalam kegiatan enduro kali ini, redaksi Medcom.id berkesempatan menggeber WR 155 R melewati beragam jenis lintasan offroad. 

Mulai dari jalanan bebatuan, tanah, rumput, genangan, hingga trek lumpur dengan kombinasi kontur menanjak dan menurun. Mengendarai motor trail memang membutuhkan sedikit pengetahuan atau wawasan tambahan agar kita bisa menjinakkan motor di medan berat. 

Baca Juga:
Ninja ZX-25R Generasi 2023 Siap Tarung, Berani Mainkan Banderol Rp100 Juta

Beberapa tips penting yang harus dipahami adalah mempertahankan titik gravitasi demi menjaga keseimbangan motor. Contohnya saat menanjak badan dianjurkan sedikit condong ke depan. Begitupun sebaliknya, saat lintasan menurun posisi badan dianjurkan sedikit mundur ke belakang. Hal yang tidak kalah penting adalah tangan harus selalu rileks agar pengendara memiliki kontrol sempurna dalam pengendalian. 

Performa dan kenyamanan
WR 155 R mengusung mesin 155cc berpendingin cairan. Tenaga yang dihasilkan sebesar 16,4 daya kuda @ 10.000 rpm dan torsi 14,3 Nm @ 6.500 rpm. Mesin ini diklaim ideal karena teknologi pendingin bekerja saat mesin mengalami panas berlebih karena kinerja berat. Apalagi jika sesuai peruntukkannya yang dirancang melibas trek offroad, sudah pasti mesin akan terus disiksa. 

Hantaran tenaga memberikan sensasi menyenangkan saat melewati tanjakan trek tanah hingga bebatuan. Tak ada kendala yang dirasakan. Bahkan WR 155 R masih mampu menaklukkan tanjakan di posisi gigi 3. 

Suspensi depan WR 155 R berdiameter 41mm dan panjang 899,1 mm yang kokoh sehingga memberikan pengendalian yang optimal untuk aktivitas adventure atau offroad. Sedangkan suspensi belakang didukung dengan Link Type Monocross dengan tingkat kekerasan yang dapat diatur sesuai dengan selera pengguna. 

Settingan suspensi WR 155 R sudah standar penggunaan untuk trek ekstrim. Jadi konsumen tinggal gaspol jika ingin terabasan. Selain suspensi, sektor pengereman juga sangat menunjang kenyamanan mengendarai motor offroad. Yamaha pun sudah memanjakan pengguna WR 155 R dengan rem cakram ganda yang memberikan pengereman lebih maksimal. 

WR 155 R memang dirancang untuk pencinta atau penghobi offroad dan adventure yang tentunya senang berkendara di medan berat dan menantang. Performa, handling, suspensi, dan pengereman optimal membuat kegiatan offroad melibas medan ekstrim pun terasa sangat menyenangkan dengan motor trail racikan Yamaha ini. 

Faktor kenyamanan juga ditunjang LCD speedometer yang memberikan beragam informasi seperti odometer, trip meter, konsumsi bahan bakar, indikator transmisi, jam, dan lain-lain. Bagi konsumen yang ingin meminang WR 155 R bisa memesan di dealer resmi dengan harga Rp38.060.000 (on the road DKI Jakarta).


(uda)