Ekosistem Kendaraan Listrik

Pemain Handtools Dukung Program Konversi di Ajang EV Fun Day

Dalam event bertajuk Electric Vehicle (EV) Fun Day di kawasan Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta yang terbuka untuk umum ini, Kementerian ESDM merangkul pemain handtools alias perkakas tangan otomotif Tekiro, bengkel Bintang Racing Team dan distributor b
Dalam event bertajuk Electric Vehicle (EV) Fun Day di kawasan Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta yang terbuka untuk umum ini, Kementerian ESDM merangkul pemain handtools alias perkakas tangan otomotif Tekiro, bengkel Bintang Racing Team dan distributor b

Autogear.id – Konversi kendaraan listrik, terutama roda dua perlahan-lahan terus bergulir. Karena memang Pemerintah Indonesia terus mendorong program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB). Ini dilakukan sebagai bagian dari transisi energi untuk mewujudkan penggunaan energi yang lebih bersih, efisien, mengurangi impor BBM, menghemat devisa serta dapat menghemat subsidi BBM.
 
Salah satu pihak yang aktif dalam mendorong hal tersebut adalah Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Menggandeng sejumlah pihak swasta, Kementerian ESDM melakukan kegiatan konversi motor dengan penggerak bahan bakar minyak, menjadi motor listrik, Minggu (18/12/2022).
 
Dalam event bertajuk Electric Vehicle (EV) Fun Day di kawasan Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta yang terbuka untuk umum ini, Kementerian ESDM merangkul pemain handtools alias perkakas tangan otomotif Tekiro, bengkel Bintang Racing Team dan distributor boks motor GIVI Indonesia.
 
Pada gelaran tersebut, penyelenggara menyediakan program paket konversi motor listrik. Terdiri dari berbagai komponen pendukung hingga pengurusan legalitasnya. Dalam kegiatan Electric Vehicle Fun Day tersebut ditetapkan, biaya konversi yang normalnya seharga Rp18 juta, menjadi Rp7,5 juta.

Baca JUga:
Libur Nataru, Astra Infra Kerahkan 1300 Personil di 8 Ruas Tol

 
Menariknya lagi, biaya tersebut sudah termasuk charger dan baterai yang bisa dipakai menempuh jarak hingga 50 km untuk sekali cas. Harga ini sudah termasuk biaya uji tipe SRUT dan SUT.
 
Mendukung kegiatan konversi motor berpenggerak BBM menjadi motor listrik ini, perkakas otomotif Tekiro digunakan sebagai perangkat operasional. Perkakas otomotif Tekiro dimanfaatkan untuk mendukung para UMKM, dalam melakukan konversi dan menjadi standar tools bagi perubahan motor berpenggerak BBM menjadi motor listrik.
 
“Tekiro yang merupakan perkakas otomotif, selama ini memang selalu mendukung program pemerintah yang berorientasi kepada kesejahteraan masyarakat dan lingkungan dengan salah satunya adalah mendukung program akselerasi menuju Net Zero Emission,” klaim Marketing Departement Head Tekiro, Hery.
 
Walaupun hanya digelar sehari, namun gelaran Electric Vehicle Fun Day berlangsung cukup meriah. Banyak dihadiri peserta konversi motor listrik, serta masyarakat yang antusias terhadap teknologi konversi dari motor berpenggerak BBM menjadi motor listrik.

Baca Juga:
Lewat Jamnas IMI, Pelumas Asli Indonesia Ikut Dongkrak Sektor Pariwisata

 
Seperti umumnya event yang diselenggarakan oleh kementerian, sejumlah petinggi Tanah Air juga turut nimbrung dalam kegiatan ini. Seperti Ketua DPR RI, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, dan tentunya Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif. Hadir pula beberapa pesohor, antara lain pebalap Rifat Sungkar dan selebritas lainnya.


(uda)