Mobil Listrik

Nissan Sajikan Konsep EV Hyper Punk dan Hyper Tourer

Selama gelaran Japan Mobility Show 2023, Nissan Motor Co. Ltd., akan memamerkan keempat mobil konsep EV, yakni Nissan Hyper Urban, Nissan Hyper Adventure, Nissan Hyper Tourer, dan Nissan Hyper Punk. NMI
Selama gelaran Japan Mobility Show 2023, Nissan Motor Co. Ltd., akan memamerkan keempat mobil konsep EV, yakni Nissan Hyper Urban, Nissan Hyper Adventure, Nissan Hyper Tourer, dan Nissan Hyper Punk. NMI

Autogear.id – Selama gelaran Japan Mobility Show 2023, Nissan Motor Co. Ltd., akan memamerkan keempat mobil konsep EV, yakni Nissan Hyper Urban, Nissan Hyper Adventure, Nissan Hyper Tourer, dan Nissan Hyper Punk. Lebih dari itu, empat kendaraan konsep tersebut akan hadir dalam game online Fortnite, di bawah nama “Electrify the World”.

Nissan Hyper Punk adalah sebuah crossover listrik kompak. Tawarkan koneksi dunia fisik dan virtual serta dunia internal dan eksternal. Sistem V2X-nya pastikan pengemudi dapat menggunakan dan mengisi daya perangkat elektronik di mana dan kapan saja. Di bagian dalam mobil terdapat aneka elemen bergaya origami khas Jepang. 

Wujudkan ruang interior di mana digital dan seni bercampur. Contohnya beberapa kamera yang terpasang di mobil, mampu menangkap lingkungan sekitarnya. Lalu gunakan AI untuk mengubah gambar tadi, menjadi bergaya manga atau pola grafis lain sesuai preferensi pemilik. Gambar tersebut dapat diproyeksikan ke tiga layar yang mengelilingi pengemudi di kokpit. Menciptakan sebuah ruang, di mana dunia nyata dan metaverse melebur.
 
Dirancang sebagai studio kreatif berjalan, kabinnya mampu menyediakan konektivitas internet, dapat terhubung ke perangkat elektronik, serta peralatan kreatif dari penumpang. Membuat pengguna dapat mengakses informasi dan berkreasi di jalan. Adanya teknologi AI dan biosensor di headrest, membuatnya mampu mendeteksi mood dari pengemudi. 

Baca Juga:
Indonesia Sabet Juara 3 Shell Eco-Marathon 2023 Tingkat Dunia

Secara otomatis memilih musik dan pencahayaan yang tepat, sehingga membantu meningkatkan kreativitas, serta energi pengemudi. Dengan estetika eksterior yang didefinisikan oleh permukaan poligonal dan beraneka segi, mobil ini mencolok di tengah keramaian. Berkat tone warna dari cat perak yang dapat berubah tampilan, berdasarkan sudut penglihatan dan sumber pencahayaan. 

Roda 23 inci menunjukkan konsep serbaguna mobil ini, untuk berkendara di dalam kota maupun offroad. Lampu depan, belakang, dan signature-nya menekankan bentuk poligonal. Terintegrasi pada permukaan bodi.

Sementara Nissan Hyper Tourer, Minivan listrik yang menjaga dan mempererat hubungan antar penumpang dalam perjalanan mereka bersama-sama. Ditujukan untuk individu yang menghargai kemewahan, dan menikmati kebersamaan dengan rekan-rekan, baik dalam perjalanan jauh maupun keperluan bisnis.
 
Mengkombinasikan esensi dari Omotenashi (keramah-tamahan khas Jepang) dengan berbagai macam teknologi mutakhir, termasuk pengendaraan otonom. Fungsionalitas V2X dan baterai kapasitas tinggi mampu salurkan energi listrik ke rumah, toko, dan kantor, ketika dalam perjalanan dan dalam berbagai keperluan bisnis. Eksteriornya terkomposisi dari panel bodi halus dan garis karakter tajam. 

Baca Juga:
Penuhi Ambisi, Kia Perkenalkan EV5 dan 2 Mobil Listrik Konsep

Sisi samping mengalir secara diagonal dari depan hingga fender belakang, untuk performa aerodinamis lebih tinggi. Garis pinggang warna putih, sebagai lampu depan dan signature. Ruang interior lapang berhasil dicapai berkat Nissan EV Technology Vision. Gabungkan komponen kompak dan baterai all-solid-state, berkepadatan energi tinggi. Hasilnya, pusat gravitasi ultra-rendah. Ketika dikombinasi dengan sistem kendali all-wheel canggih e-4ORCE, hasilkan akselerasi dan deselerasi halus dan datar. 

Konsol dan pencahayaan di bagian atas mobil sajikan kesan mewah pola tradisional Jepang Kumiko dan Koushi. Panel LED di lantai mobil menunjukkan penggambaran sungai dan langit, membuat ruang santai di mana dunia digital dan alam menyatu. Pengendaraan otonom penuh, biarkan siapapun di kursi pengemudi fokus berinteraksi dengan teman perjalanan. Kedua kursi depan dapat berputar 360 derajat, berikan penumpang baris depan dan belakang diskusi tatap muka. 

Penumpang baris belakang dapat menggunakan layar untuk melihat dan mengoperasikan navigasi dan audio di tampilan tengah baris depan. Sistem AI juga dapat memantau tanda-tanda biometris pengguna. Termasuk gelombang otak, detak jantung, pola pernafasan, dan keringat. Secara otomatis memilih musik komplementer, dan menyesuaikan pencahayaan sesuai mood penumpang. 


(uda)