Rawat Baterai EV, Jika Elektrolit Tumpah Gunakan Larutan Air dan Soda Kue

Rawat Baterai EV, Jika Elektrolit Tumpah Gunakan Larutan Air dan Soda Kue - Hyundai Gowa
Rawat Baterai EV, Jika Elektrolit Tumpah Gunakan Larutan Air dan Soda Kue - Hyundai Gowa

Autogear.id – Mewarnai dunia otomotif di Indonesia, salah satu ciri khas kendaraan listrik atau electric vehicle (EV) adalah penggunaan teknologi baterai. Pengendara tidak perlu lagi mengantri pengisian bahan bakar minyak. Cukup mengisi daya baterai menggunakan charger portable, yang bisa dihubungkan ke charging station atau stop kontak listrik di rumah.

Menjaga ketahanan baterai perlu menjadi perhatian pemilik EV. Beberapa faktor mempengaruhi daya tahan baterai, seperti kapasitasnya, gaya mengemudi, kondisi cuaca, dan usia baterai.Ada sejumlah hal yang bisa dilakukan terkait perawatan baterai, agar daya tahannya tetap tinggi, yaitu:

1. Pastikan baterai terpasang dengan aman.

2. Jaga agar bagian atas baterai dalam keadaan selalu kering.

3. Jaga agar terminal dan sambungan tetap bersih, kencang, dan dilapisi petroleum jelly maupun grease atau gemuk terminal.

4. Segera bilas elektrolit yang tumpah dari baterai, dengan menggunakan larutan air dan soda kue.

5. Jika kendaraan tidak digunakan dalam jangka waktu lama, lepaskan saja kabel baterai.

Selain melakukan perawatan, beberapa hal  juga perlu diperhatikan untuk menjaga keamanan penggunaan baterai pada EV. Pastikan pemiliknya telah membaca buku panduan, dan memahami instruksi penanganan baterai.

Chief Operation Officer Hyundai Gowa, Ferry, menjelaskan hendaknya jauhkan baterai dari sumber api atau bahan mudah terbakar, serta jauhkan dari jangkauan anak-anak. “Jangan pernah gunakan perangkat pengisi daya yang tidak sesuai spesifikasinya,” imbaunya.

Dia menambahkan, jika sudah saatnya pergantian baterai, atau perawatan EV secara keseluruhan, maka bisa langsung datang ke bengkel resmi Hyundai Gowa terdekat. Bahkan pelanggan yang butuh layanan darurat, juga tak perlu khawatir. Bisa memanfaatkan Home Service Hyundai Gowa, di mana saat ini layanan home service tersedia di 12 cabang di seluruh Indonesia.

Cabang-cabang tersebut yakni Hyundai Pramuka, Hyundai Kebon Jeruk, Hyundai Narogong, dan Hyundai Cikupa. Lalu Hyundai Ahmad Yani, Hyundai Padalarang, Hyundai HR Muhammad Surabaya, Hyundai Gresik, Hyundai Sidoarjo, Hyundai Sunset Road Bali, Hyundai Urip Sumoharjo Makassar, dan Hyundai Manado.

Ferry kembali menjelaskan, sebagai salah satu pionir dalam memperkenalkan mobil listrik di Indonesia, Hyundai Gowa juga turut mendukung program penggunaannya sesuai visi Hyundai, Progress for Humanity, mewujudkan mobilitas lebih ramah lingkungan.

“Komitmen kami memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat, untuk masa depan berkelanjutan. Semoga kami bisa menjadi game-changer, untuk memulai ekosistem kendaraan listrik di Indonesia,” tutup Ferry.


(uda)