Dukungan 9 Fungsi ADAS Ini Cegah Neta V-II Kecelakaan di Jalan, Apa Saja?

Dukungan 9 fungsi ADAS Ini cegah Neta V-II kecelakaan di jalan, apa saja? - NETA
Dukungan 9 fungsi ADAS Ini cegah Neta V-II kecelakaan di jalan, apa saja? - NETA

Autogear.id - Salah satu fitur pintar yang membantu keamanan dan kenyamanan berkendara mobil listrik adalah Advanced Driver Assistance Systems (ADAS). Sebuah teknologi penggabungan sensor, kamera, dan sistem pintar yang dapat mendeteksi area mobil. Bantu pengemudi mencegah potensi kecelakaan saat berkendara.

Neta sebagai salah satu distributor mobil listrik di Indonesia, sukses meluncurkan line up terbaru, Neta V-II. Mobil ini telah menghadirkan fitur ADAS, sebagai salah satu keunggulan di dalamnya. Lalu apa saja fitur pada ADAS, khususnya yang ada di mobil listrik Neta V-II?

Dikatakan, teknologi Smart Driving dengan dukungan 9 (sembilan) fungsi ADAS pada mobil listrik tersebut dihadirkan untuk memberi perlindungan keamanan dan keselamatan tambahan di perjalanan.

Forward Collision Warning (FCW)

Fitur yang mampu mendeteksi objek yang berpotensi terjadi tabrakan dan akan memberikan peringatan kepada pengemudi.

Automatic Emergency Braking (AEB)

Ketika mobil mendeteksi objek yang berpotensi mengakibatkan kolisi, sistem akan melakukan bantuan pengereman untuk mengurangi dampak tabrakan.

Front Vehicle Start Alert (FSA)

Sistem ini berfungsi mendeteksi pergerakan objek di mobil. Apabila saat kondisi berhenti lampu merah, objek di depan bergerak maju, sistem akan memberi pengingat berupa suara kepada pengendara.

Full-Speed Adaptive Cruise Control (ACC)

Teknologi yang akan membantu mobil berakselerasi dan deselerasi, menyesuaikan kecepatan kendaraan di depannya.

Traffic Jam Assist (TJA)

Bagian dari Adaptive Cruise Control (ACC), membaca jarak mobil di depannya dan membantu mobil berakselerasi serta deselerasi secara otomatis. Terutama saat berada di kemacetan jalan raya, serta mengurangi kelelahan berkendara di jalan.

Intelligent Cruise Assist (ICA)

Satu sistem yang aktif di kecepatan di atas 60 km/jam. Ini membantu menjaga mobil agar selalu berada di jarak aman dari mobil di depannya.

Lane Departure Warning (LDW)

Fitur ini akan membantu mendeteksi apabila mobil berpindah jalur tanpa disengaja, dan akan memberikan peringatan.

Emergency Lane Keeping System (ELKS)

Apabila peringatan dari Lane Departure Warning diabaikan, maka sistem akan melakukan koreksi pada setir, agar mobil kembali ke lajur yang benar.

High Beam Assist (HBA).

Sistem ini memungkinkan lampu depan mobil secara otomatis beralih antara lampu jauh dan lampu dekat, tergantung pada kondisi lalu lintas.

Product Planning Manager PT NETA Auto Indonesia, Jordy Angkawidjaja mengatakan, fitur ADAS pada smart electric vehicle (EV) menjadi sangat penting saat ini. Mengingat kondisi jalanan di Indonesia, khususnya di area perkotaan yang sering macet.

“Kondisi tersebut acapkali membuat pengendara cepat lelah dan kurang awas terhadap lingkungan sekitar. Adanya teknologi ini, beban pengendara dapat berkurang, membantu pengemudi lebih waspada serta mengurangi impact saat terjadi tabrakan,” jelasnya.

Mobil listrik Neta V-II sendiri dipasarkan dengan harga Rp299 juta on the road (OTR) Jakarta. Mendapat tambahan keuntungan berupa Lifetime Warranty, gratis saldo PLN Mobile 2,5 juta, hingga gratis wall charging beserta instalasi.


(uda)