Bobot Honda BeAT Terbaru Berkurang 3 Kg, Apa Saja yang Dipangkas?

Bobot Honda BeAT terbaru berkurang 3 Kg, apa saja yang dipangkas? - AG
Bobot Honda BeAT terbaru berkurang 3 Kg, apa saja yang dipangkas? - AG

Autogear.id - Baru saja Astra Honda Motor (AHM) memperkenalkan All New Honda BeAT Series, dan dikabarkan memiliki bobot yang lebih ringan dibanding generasi sebelumnya. Lantas apa yang menyebabkan skutik yang telah terjual sebanyak 23 juta unit, sejak awal diperkenalkan pada tahun 2008 ini menjadi lebih enteng?

Dijelaskan, ternyata berat kosong Honda BeAT terbaru ini berkurang 3 kg. BeAT Large Project Leader Takuro Nakamura di AHM Safety Riding & Training Center, Cikarang, Jawa Barat, Senin (3/6/2024) menyampaikan, kalau bobot mesin dipangkas 400 gram.

"Kenapa bobot mesin kami pangkas 400 gram? Karena kami memperhitungkan, dengan melihat kualitas, kekuatan dan durabilitasnya. Jadi setelah dipertimbangkan dengan matang, paling ideal memang dipangkas 400 gram," ujar Takuro Nakamura.

Namun apa yang dilakukan pihak pabrikan terkait pengurangan berat skutik ini diakui sudah sesuai analisa CAE (Computer Alded Engineering). Menentukan komposisi paling tepat, sehingga tidak banyak mengorbankan ubahan bentuknya.

"Bentuk dan desain rangka ini tidak berubah, begitupula suspensinya. Kalau Honda BeAT Street ada sedikit penyesuaian pada suspensi, karena memakai velg ring 12," jelas Nakamura. Dia kembali mengungkapkan, di samping bobot mesin berkurang 400 gram, kick arm atau kick starter seberat 1 kg pada tipe Deluxe Smart Key dan BeAT Street juga dibuang.

Mengintip ranah buritannya, Honda tampaknya mengganti handle bar bagian belakang. Semula menggunakan bahan Rubber Steel, menjadi bahan Glass Fiber Reinforced Polypropylene. Alhasil perubahan ini membuat bobot berkurang 600 gram.

Melongok jantung mekanis BeAT baru, masih membenamkan mesin 110cc SOHC, dengan sistem pembakaran injeksi PGM-FI yang tergabung dalam rangkaian teknologi eSP (enhanced Smart Power). Mampu menggelontorkan tenaga 6,6kW @ 7.500 rpm dengan torsi tertinggi di 9,2 Nm @ 5.500 rpm.

Mengait harga yang ditawarkan untuk keluarga BeAT Series ini, All New Honda BeAT tipe CBS dipasarkan dengan harga Rp18.430.000 On The Road (OTR) Jakarta. Tipe Deluxe Standard dipasarkan seharga Rp19.300.000 OTR Jakarta. Sementara tipe Deluxe Smart Key, sebagai kasta tertinggi dari All New Honda BeAT Series ini hadir dengan harga Rp19.830.000 OTR Jakarta. Untuk All New Honda BeAT Street, AHM mematok harga Rp19.300.000 OTR Jakarta.

“Semua varian dari All New Honda BeAT ini sudah tersedia di daler-dealer kami. Tanpa harus calon konsumen menunggu lama. Kecuali untuk yang di pelosok-pelosok daerah, mungkin menunggu hanya dalam hitungan 1-2 hari,” ungkap Direktur Marketing AHM, Octavianus Dwi Putro di Cikarang, Jawa Barat.


(uda)