Tiga Punggawa Custom Culture Kupas Yamaha XSR155 

Tiga punggawa custom culture roda dua di tanah air mengupas seputar Yamaha XSR155 - Yamaha DDS 
Tiga punggawa custom culture roda dua di tanah air mengupas seputar Yamaha XSR155 - Yamaha DDS 

Autogear.id - Yamaha DDS Jakarta berkolaborasi dengan Paintdemic Studio, Batakastem Workshop dan Nova Tiga Belas, menggelar kegiatan Custom Workshop. Melibatkan 96 peserta pengguna Yamaha XSR155. Namun sebelumnya peserta berkendara bersama menuju Kandank Jurank, dari Yamaha Flagship Shop, Cempaka Putih. Rutenya adalah Monumen Nasional, Jl. Sudirman, Bundaran Semanggi, Bundaran Senayan, Pondok Indah, dan Tangerang Selatan.

”Ketika saya mendapatkan info tentang acara ini, tanpa berpikir panjang saya langsung mendaftar. Rasa rindu touring, dan kumpul bareng teman-teman yang membuat saya sangat bersemangat untuk ikut. Apalagi konten acara menurut saya “daging” semua, alias bermanfaat banget,” tukas Lutfi.

Menurutnya, karena pengisi materi workshop adalah orang-orang yang kredibel di dunia custom culture.  Mereka berpengalaman di dunia custom painting dan custom bike. “Harapan saya sih Yamaha bisa sering-sering membuat acara seperti ini. Di samping mewadahi kita untuk bersilaturahmi, juga menambah ilmu berguna di seputar otomotif,” ucap Lutfi, salah seorang peserta member dari XBI Jakarta.

Narasumber untuk workshop kali ini memang diisi pemain motor custom yang punya nama, Batakastem. Bengkel custom ini sempatkan diri untuk mengupas keistimewaan XSR. Dari kacamata Batakastem, XSR155 adalah salah satu motor yang mudah untuk dicustom. Mesin dan teknologinya pun sudah kekinian. Kemudian dilanjut Nova Tiga Belas, yang membahas culture painting di Indonesia. Nova Tiga Belas juga memandu peserta, untuk belajar painting pada helm masing-masing.

XSR155 cukup digemari, salah satunya lantaran tampilan desainnya berkonsep sport heritage dengan fitur berkendara modern. Yamaha mengklaim performa mesin motor ini relatif andal dan bertenaga. Keunggulan desainnya terlihat dari tangki Drip-Shaped, jok klasik serta lampu depan dan belakang bulat berteknologi LED modern dengan full LCD Digital Speedometer bergaya retro dilengkapi Multi Information Display (MID).

Selain itu, motor ini juga telah memiliki fitur Assist & Slipper Clutch, dimana fitur Assist membuat pengoperasian kopling lebih ringan saat menarik tuas kopling. Sedangkan Slipper Clutch berfungsi untuk mencegah terjadinya selip pada roda belakang, saat melakukan engine brake, atau ketika menurunkan gigi secara cepat.

Selama ini XSR155 juga sudah mengadopsi suspensi Up Side Down (USD), yang tidak hanya memberikan kesan gagah pada motor, namun turut meningkatkan handling saat berkendara. Motor ini dibekali mesin Fuel Injection berkapasitas 155cc, SOHC, 4-langkah berpendingin cairan. Ditopang teknologi VVA (Variable Valve Actuation), yang dapat membuat torsi merata pada setiap putaran mesin.


(uda)