Keterampilan Berkendara

Gelar HKDTC Bareng Korlantas, Hino Incar Izin Kursus Nyetir Upgrade SIM B2?

Hino dan Korlantas gelar kompetisi berkendara khusus untuk pengemudi truk dan bus. HMSI
Hino dan Korlantas gelar kompetisi berkendara khusus untuk pengemudi truk dan bus. HMSI

Autogear.id - Korps Lalu Lintas Kepolisian Negara Republik Indonesia (Korlantas Polri) bersama PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) menggelar Hino Korlantas Driver Trainer Contest (HKDTC). Bertempat di Hino Total Support Customer Center (HTSCC), Purwarkarta (18-19/9/2023). 

Mengusung tema “Pengemudi Kompeten Sebagai Pelopor Keselamatan dalam Berkendara”, kegiatan diikuti 50 peserta yang terpilih dari 29.086 pengemudi. Mereka merupakan perwakilan trainer  pengemudi dari berbagai pelanggan Hino, yang telah lulus program training of trainer (ToT) oleh HMSI.

Melalui kegiatan ini, Hino berharap dapat meningkatkan kualitas pengetahuan dan pelatihan mengemudi di Indonesia dengan dampak yang lebih luas lagi. Selain itu, Hino juga ingin mendorong kerja sama sekolah mengemudi. Supaya dapat izin dari kepolisian lalu lintas, sebagai sekolah mengemudi upgrade Surat Izin Mengemudi (SIM) B2.
 
“Program ini merupakan salah satu upaya memberikan motivasi kepada para driver trainer. Tahun ini Hino bekerja sama dengan Korlantas Polri, untuk meningkatkan kompetensi pengemudi. Sehingga mereka dapat menjadi pelopor keselamatan dalam Berkendara,” ujar COO - Director HMSI, Santiko Wardoyo.

Baca Juga:
GIIAS Surabaya Resmi Dibuka, Diikuti 24 Merek Kendaraan Bermotor

Para peserta memperebutkan gelar juara dalam kontes yang melombakan daily inspection test with explanation, dan driving test. Hari pertama acara turut dihadiri Kepala Korlantas Polri, Irjen Firman Santyabudi. Para peserta mengikuti Daily Inspection Test with Explanation. 

Dalam tes ini, para peserta diuji kemampuan memeriksa kendaraan secara menyeluruh, dan menjelaskan hasil pemeriksaan kepada peserta didik. Setelah itu para peserta mengikuti Driving Test, uji kemampuan mengemudikan kendaraan Hino secara aman dan efisien. 

Hari kedua awarding pemenang kegiatan, serta seminar nasional yang mengangkat tema yang sama. Menghadirkan pembicara dari Kementerian Perhubungan, Komite Nasional Keselamatan Transportasi, dan Korlantas Polri serta HMSI.
 
“Komitmen kami menciptakan pengemudi handal. Selain memiliki fasilitas lengkap untuk pelatihan mengemudi, kami juga sediakan sertifikasi nasional untuk profesi pengemudi. Semua demi mendukung dan mempermudah teman-teman pengemudi, mendapatkan sertifikasi nasional. Sangat penting untuk menunjang profesi pengemudi,”  tutup Santiko.


(uda)