Yamaha Nmax Kini Ada Turbonya, Asli atau Cuma Gimmick?

Yamaha Nmax 155cc terbaru digadang-gadang mengusung teknologi turbo di mesinnya, betulkah? - AG
Yamaha Nmax 155cc terbaru digadang-gadang mengusung teknologi turbo di mesinnya, betulkah? - AG

Autogear.id – Yamaha Indonesia Motor Mfg. (YIMM) memperkenalkan model Yamaha Nmax terbaru, yakni Yamaha Nmax Turbo 155cc. Skutik Nmax yang digadang-gadang sudah laris lebih dari 3 juta unit, sejak peluncurannya beberapa tahun lalu. Kini pada sejumlah tipe dari versi terbarunya, terdapat tambahan fitur turbo. Penasaran seperti apa fitur tersebut? Begini penjelasannya.

Dikatakan kalau keunggulan utama yang menjadi daya tarik dari Nmax Turbo adalah penggunaan mesin Blue Core 155cc VVA generasi terbaru. Diklaim memiliki torsi merata di setiap putaran mesin, mampu mendukung berbagai macam kebutuhan bermobilitas. Melalui sentuhan pembaruan di sektor jantung mekanis, Nmax Turbo mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 11,3 kW/8.000 Rpm dan torsi maksimal sebesar 14,2 Nm/6.500 Rpm.

President Director & CEO YIMM, Dyonisius Beti dalam jumpa pers peluncuran world premiere skutik yang menampilkan bintang tamu pelawak sekaligus anggota dewan, Komeng, ini Rabu (12/6/2024) mengatakan, Nmax Turbo sebagai salah satu keluarga MAXI Yamaha sempat dijajal dan tarikannya responsif.

“Tarikan gas dari motor Nmax Turbo ini responsif, terutama buat menyalip atau mendahului motor lain di sekitarnya. Makanya dijuluki motor sultan, karena tidak ada lawan. Sesuai tagline semangat kami yang baru, Yamaha SeMAXIn di Depan,” tukas Dyon penuh semangat.

Usung Teknologi Terbaru YECVT

Performa mesin baru pada motor gambot ini juga turut dioptimalkan dengan adanya teknologi terbaru, yaitu YECVT (Yamaha Electric Continuously Variable Transmission) yang menggantikan sistem CVT konvensional. Penggunaan teknologi tersebut, membuat motor gambot ini menyematkan fitur Riding Mode. Fitur ini menawarkan 2 mode berkendara, T-Mode (Town Commuting) dan S-Mode (Sport Touring). Dapat dioperasikan melalui tombol “Mode” pada bagian depan stang kemudi kiri.

Untuk T-Mode sendiri cocok digunakan dalam mobilitas harian di lalu lintas perkotaan, karena karakter berkendara yang lebih smooth serta diklaim lebih efisien bahan bakar. Sedangkan S-Mode, cocok digunakan saat perjalanan jarak jauh seperti touring, karena menawarkan akselerasi berkendara yang lebih responsif.

Berdasarkan hasil pengetesan internal Yamaha, dengan menggunakan S-Mode berkendara, Nmax Turbo mampu berakselerasi lebih cepat untuk menempuh jarak 200 meter, dibandingkan dengan Nmax generasi sebelumnya, dengan selisih jarak terpaut 9,2 meter.

Selain adanya Riding Mode, dengan menggunakan YECVT tunggangan ini memiliki fitur lain berupa Y-Shift. Tombol pengoperasiannya terletak di bawah stang kemudi kiri. Yamaha mengatakan, Y-Shift mampu menawarkan sensasi berkendara yang berbeda.

Fungsinya mampu membantu pengendara melakukan akselerasi kecepatan secara instan layaknya “Turbo” dengan 3 tingkatan, yakni Low (1), Medium (2), dan High (3). Seperti sempat diutarakan Dyon, cocok dioperasikan ketika ingin mendahului kendaraan di depan, melewati tanjakan, ataupun saat berkendara tandem.

Bahkan dijelaskan, berfungsi tidak hanya saat akselerasi, Y-Shift juga dapat digunakan untuk melakukan deselerasi kecepatan motor. Ketika motor tersebut menghadapi jalanan yang menurun dan disaat masuk ke tikungan atau biasa diistilahkan cornering.

Selain ragam fitur terkait mesin, Nmax Turbo juga diperkuat dengan fitur Dual Channel ABS, Traction Control System, keduanya hanya terdapat pada tipe tertentu. Lalu penyematan Rear Sub Tank Suspension dan ban tubeless tapak lebar.

Turbo Asli atau Cuma Gimmick?

Komentar menarik dari sejumlah orang, bahwa fitur turbo dari Nmax ini mirip perpindahan gear belakang pada sepeda. Jadi kalau mau kayuhan sepeda terasa lebih ringan atau lebih berat, setelan gear tinggal di switch dari knop yang terikat pada setang. Begitupula fitur turbo dari Nmax ini, sehingga kelihatannya lebih mirip gimmick, bukan benar-benar teknologi turbo pada kendaraan.

Walaupun sepertinya harus diuji lebih jauh lagi seputar turbo ini, melalui uji kendara atau test ride. Sayangnya pihak YIMM belum menyediakan sesi tersebut kepada awak media. Bahkan untuk melihat detail bagian dalam dari mesin yang dibedah pada saat peluncurannya, ada keterbatasan ruang. Saking penuhnya ruangan display mesin oleh pengunjung dan media yang hadir. Soalnya Nmax itu “motor sultan”, jadi banyak yang kepoin. Apa iya?

Untuk varian turbo dan warna serta harga on the road Jakarta nya yaitu; Nmax Turbo Techmax Ultimate warna Magma Black, dibanderol Rp45.250.000. Lalu Nmax Turbo Techmax kelir Magma Black seharga Rp43.250.000, dan Nmax Turbo dengan warna Magma Black dan Elixir Dark Silver dipasarkan Rp37.750.000. Sementara varian non turbo, yaitu Nmax Neo S Version warna Dull Blue, Red, Black dan White dipatok harga Rp33.700.000 dan Nmax Neo kelir sama dengan S Version, dijual seharga Rp32.700.000.


(uda)