Porsche 963 Penske Motorsport Juarai 24 Hours of Daytona

Porsche 963 no.7 Penske Motorsport Juarai 24 Hours of Daytona - Porsche
Porsche 963 no.7 Penske Motorsport Juarai 24 Hours of Daytona - Porsche

Autogear.id – Porsche 963 #7 yang dikendarai tim Porsche Penske Motorsport, berhasil menjuarai 24 Hours of Daytona. Para pembalap Felipe Nasr (Brasil), Dane Cameron (USA) dan Matt Campbell (Australia), serta bintang IndyCar asal Amerika, Josef Newgarden, memperpanjang rekor kemenangan Porsche menjadi 19 kali.

Bertarung pada ajang balap penuh aksi, yang disaksikan oleh penonton yang jumlahnya memecahkan rekor, dua Porsche Penske Motorsport, yakni Porsche 963 bertenaga 519 kW (706 PS) saling bertukar tempat di posisi terdepan, dengan mobil Cadillac #31.

Dalam balapan menegangkan antar pabrikan di kelas GTP teratas, fase terakhir dari 15 fase caution membuat ketegangan kian memuncak. Dalam duel selama 32 menit, persaingan terakhir untuk meraih kemenangan terjadi, antara Felipe Nasr yang menunggangi Porsche #7, dan pembalap Inggris Tom Blomqvist yang mengemudikan mobil Cadillac.

Masuk sprint terakhir, pembalap Brasil ini berjuang dengan kondisi ban memburuk. Tapi dia sukses menangkis serangan dari rivalnya. Yang mengejutkan penonton, bendera finish dikibarkan sekitar 1:30 menit sebelum balapan berakhir. Alhasil, kemenangan pertama keseluruhan Porsche sejak 2003, dan kemenangan ke-19 bagi pabrikan mobil sport ini di Daytona, berhasil diamankan.

"Kemenangan luar biasa untuk memulai tahun ini," kata Member of the Executive Board for Development di Porsche, Michael Steiner. Dia katakan, seluruh tim kerja Porsche Penske Motorsport, dan semua orang di pusat pengembangan di Weissach telah bekerja ekstra keras, untuk meletakkan dasar bagi kesuksesan ini.

“Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua karyawan. Mereka tidak pernah menyerah, dan takkan membiarkan kemunduran yang sulit dari tahun lalu mengguncang. Kini, kita menuai hasil dari kerja keras,” jelas Steiner.

Dia pun melihat, pada fase terakhir, duel di lintasan membuat semangat tak tertandingi tampak jelas. Tidak ada yang menyerah dan mundur sampai bendera finish dikibarkan. “Saya merasa itu sangat mendebarkan. Saya yakin dirasakan pula oleh para penggemar motorsport di seluruh dunia," ungkapnya.

"Sulit untuk mengungkapkan emosinya dengan kata-kata. Kami memenangkan Daytona 2024, luar biasa," ucap Wakil Presiden Porsche Motorsport, Thomas Laudenbach. Dia mengaku tidak pernah mengalami pertarungan yang begitu mendebarkan.

“Kami menangkan salah satu balapan besar. Strategi kami berhasil. Empat Porsche 963, dua dari Porsche Penske Motorsport, dan dua dari tim pelanggan kami yang kuat, berhasil melaju tanpa masalah teknis yang berarti,” terangnya.

Menurutnya itu adalah sebuah prestasi tersendiri. Hal ini hanya mungkin terjadi berkat kerja keras semua yang terlibat. “Terima kasih banyak! Tempat kedua untuk Porsche 911 GT3 R dari AO Racing di kelas GTD Pro juga sangat fantastis. Daytona benar-benar layak untuk kami kunjungi," sergahnya.


(uda)