Kelar Liburan Periksa Mobil ke Bengkel, Peluang Gondol Skuter Matik

Jaga kesehatan mobil dengan memeriksakan ke bengkel resmi seperti Auto2000, berpeluang membawa pulang skutik - Auto2000
Jaga kesehatan mobil dengan memeriksakan ke bengkel resmi seperti Auto2000, berpeluang membawa pulang skutik - Auto2000

Autogear.id - Usai menikmati destinasi wisata mengisi liburan, kewajiban menjaga kondisi mobil belum kelar setelah sampai di rumah. Justru menjadi momen penting untuk memastikan mobil tanpa kendala, setelah berjalan puluhan hingga ratusan kilometer.

“Jangan lupa pastikan tak ada masalah pada mobil, mengingat tugas beratnya di jalan. Selain jarak tempuh yang panjang, durasi berkendara lebih lama akibat kemacetan lalu lintas membuat mesin bekerja ekstra berat. Belum lagi mobil penuh muatan, hujan deras, dan risiko lain seperti melindas lubang dengan kecepatan tinggi, dapat menurunkan kondisi,” papar Marketing Division Head Auto2000, Nur Imansyah Tara.

Lakukan pengecekan beberapa komponen penting. Untuk memastikan tak ada masalah berarti yang bisa mengganggu kinerjanya.

1. Tugas Berat Ban Mobil

Mengapa demikian? Karena posisinya langsung bersinggungan dengan permukaan aspal atau beton jalan. Lihat tanda keausan telapak ban, dan segera ganti jika sudah tidak layak.

Perhatikan pula kondisi dindingnya, yakin tidak ada kerusakan seperti benjol atau sobek. Ban mobil yang rusak akan memicu masalah besar jika diabaikan. Segera ganti ban yang bermasalah dengan memesan lewat website Auto2000.

2. Jangan Abai Kaki-kaki

Perhatikan kaki-kaki mobil dari rembesan oli. Gerakkan kemudi dan suspensi, untuk melihat potensi masalah. Shock absorber tak boleh ada kebocoran, termasuk karet-karet penyangga yang getas dan robek. Waspadai kebocoran pada selang rem, periksa kondisi kampas rem yang bekerja paling berat untuk mengurangi laju mobil.

3. Cek Kondisi Oli Mesin

Tugasnya adalah melindungi mesin dari gesekan antar komponen, membantu melepaskan panas mesin, dan membuang kotoran akibat gesekan antar komponen. Cek takaran oli mesin lewat dipstick. Pastikan tidak berkurang, dan tak ada perubahan warna oli mesin. Kalau sampai warna berubah coklat susu, indikator tercampur air.

4. Cairan Rem Harus Bersih

Pastikan volumenya tidak berkurang, dan tak ada perubahan warna. Juga tidak ada endapan lumpur di dalam tabung penyimpannya. Brake fluid yang kurang menandakan kampas rem mulai menipis, dengan catatan tak terdeteksi kebocoran sistem rem. Periksa selang rem dari kemungkinan sobek atau bocor.

5. Radiator Coolant Harus Penuh

Radiator coolant tak boleh habis, dengan mengecek tabung cadangan. Periksa kebocoran pada selang dan rumah radiator, karena kemungkinan terkena lontaran kerikil dalam perjalanan. Pastikan pula warna tidak berubah apalagi sampai keruh.

6. Periksa Cairan Komponen Lain

Seperti minyak kopling untuk mobil manual, air aki dan pembersih kaca, oli transmisi, bersama cairan power steering hidrolis, wajib diperiksa kembali. Pastikan volumenya tidak berkurang, dan tak ada perubahan warna.

7. Bersihkan Kabin Mobil

Kabin mobil kotor selesai perjalanan liburan, terlebih penumpang anak kecil. Gunakan penyedot debu untuk mengangkat kotoran. Keluarkan karpet, dan bersihkan seluruh area, termasuk rongga dan celah, hingga kolong kabin.

Lakukan servis berkala dengan berkunjung ke bengkel resmi, seperti ke Auto2000 atau order layanan THS - Auto2000 Home Service via website. Servis berkala berikut pemeriksaan suku cadang, agar diketahui kondisi terakhir mobil.

Auto2000 tawarkan hadiah menarik, bila pelanggan lakukan servis berkala. Bisa bawa pulang 1 dari 200 motor Honda BeAT, untuk periode hingga akhir Juni 2024. Syaratnya, servis di bengkel Auto2000, atau order layanan THS - Auto2000 Home Service, untuk memperoleh 1 nomor undian. Termasuk perbaikan bodi mobil di fasilitas Body & Paint (BP), minimal transaksi Rp3 juta.


(uda)