Regulasi Kendaraan Niaga

Dukung Sosialisasi SRUT, Isuzu Siapkan Produk Tanpa Sentuhan Karoseri

Isuzu telah memiliki beberapa jajaran produk yang sudah disertai SRUT, saat pembelian dilakukan oleh pelanggan.  IAMI
Isuzu telah memiliki beberapa jajaran produk yang sudah disertai SRUT, saat pembelian dilakukan oleh pelanggan. IAMI

Autogear.id – Kementerian Perhubungan melakukan sosialisasi terkait Sertifikat Uji Tipe (SUT) dan Sertifikat Registrasi Uji Tipe (SRUT). Kasubdit Uji Tipe Kendaraan Bermotor Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Republik Indonesia, Dewanto Purnacandra menyampaikan, pihaknya terus bertransformasi untuk mempermudah pelayanan kepada masyarakat. 

Dia menambahkan, bahwa hingga saat ini Kementerian Perhubungan juga tengah gencar menerapkan Program Elektronik SRUT (E-SRUT), yang bertujuan untuk mempercepat pelayanan penerbitan SRUT.

“Nantinya agen pemegang merek (APM) atau dealer bisa mencetak di mana saja pakai kertas blangko biasa. Kemudian bisa di scan menggunakan QR Code pada smartphone. Tentunya ini mempermudah dan mempercepat pelayanan penerbitan SRUT,” papar Dewanto, dalam kegiatan Isuzu Automotive Commercial Discussion Club (ACDC) 2023, sekaligus buka puasa Isuzu bersama media, di Jakarta Pusat, Kamis (6/4/2023).

Adapun tujuan diselenggarakannya acara ACDC ini adalah untuk membangun awareness publik, tentang kepatuhan terhadap regulasi transportasi angkutan yang berlaku secara resmi di Indonesia.

Baca Juga:
PO Bus Wajib Tahu! Bus Tak Laik Jalan, Siap-Siap Batal Jalan

Dijelaskan Dewanto, kendaraan komersial wajib memiliki SUT, sedangkan SRUT merupakan akte lahir dari sebuah kendaraan bermotor. Kemudian nantinya sebagai persyaratan utama untuk KIR pertama kalinya. “Kalau kendaraan komersial lengkap itu langsung bisa mengajukan SUT, untuk selanjutnya menuju ke SRUT,” ujarnya.

Sementara itu, selain mengajak pelanggan untuk terus mematuhi regulasi yang dijalankan pemerintah tentang SRUT ini. Isuzu juga melakukan berbagai macam terobosan, salah satunya adalah memproduksi unit Ready To Use (RTU). 

RTU merupakan kendaraan komersial yang siap untuk langsung digunakan, tanpa perlu melakukan proses karoseri. Sebab aplikasi sudah terpasang pada kendaraan. "Pelanggan bisa langsung mendapatkan SRUT, saat melakukan pembelian unit RTU," ujar Business Strategy Division Head PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) Attias Asril.

Tercatat, bahwa hingga saat ini produsen asal Jepang tersebut telah memiliki beberapa jajaran produk yang sudah disertai SRUT, saat pembelian dilakukan oleh pelanggan. Produk tersebut antara lain Traga Pick Up, Traga Box, Giga Tractor Head, All New D-Max 1.9 dan All New mu-X 1.9. 

Baca Juga:
Jangan Gagal Paham, Ini Beda Servis Motor di Bengkel Resmi dan Umum

“Tentunya jajaran produk ini kami hadirkan sebagai bentuk pemenuhan, akan kebutuhan  pelanggan terhadap kendaraan komersial yang berpacu dengan tantangan waktu,” pungkas Attias.


(uda)