Mobil Listrik Ini Punya 7 Indikator Penting, Pemilik Wajib Tahu

Mobil listrik ini memiliki 7 indikator penting yang wajib diketahui oleh pemiliknya - Neta
Mobil listrik ini memiliki 7 indikator penting yang wajib diketahui oleh pemiliknya - Neta

Autogear.id – Banyak pendukung kehadiran mobil listrik mengatakan, selain karena memiliki fitur dan teknologi yang lebih ramah lingkungan, mobil listrik menyuguhkan pengalaman berkendara lebih modern. Dengan adanya berbagai indikator canggih, yang membantu pengemudi memahami kondisi mobil secara akurat.

Bagi mereka yang punya rencana beralih dari mobil ICE ke mobil listrik sebagai kendaraan barunya, penting untuk mengetahui indikator-indikator yang tersedia pada mobil pilihannya tersebut. Agar pengalaman berkendara semakin optimal.

Fungsi indikator juga tentunya menjadi sebuah pengingat, atau peringatan akan performa dan komponen kendaraan. "Kami coba sampaikan, pada Neta V terdapat sejumlah indikator yang bukan sekadar penunjuk, tetapi juga informasi. Membantu pengguna mengoptimalkan performa, sekaligus perawatan,” ujar Senior Manager After Sales PT Neta Auto Indonesia, Januar Eka Sapta.

Indikator pada model ini dapat diidentifikasi melalui Multi Information Display (MID), yang menampilkan informasi lengkap di area dashboard. Setiap indikator yang muncul pada MID memiliki warna berbeda-beda sesuai fungsi. Warna putih, kuning, hijau, dan merah, menjadi bagian integral dari pengalaman berkendara dengan mobil ini.

1. Indikator Kunci (Warna Kuning)

Saat sudah menempuh jarak 10.000 km dan kelipatannya, indikator ini akan menyala pada MID. Sebagai pengingat buat pengemudi, kalau telah menempuh jarak batas, dan memerlukan perawatan berkala.

2. Indikator Baterai (Warna Kuning)

Ketika tingkat baterai mencapai 20%, 15%, dan 10%, lampu indikator akan menyala kuning. Sebagai pengingat daya baterai sudah rendah, dan disarankan segera mengisi daya.

3. Indikator "Ready" (Warna Hijau)

Lampu ini akan menyala saat mobil dinyalakan, dan siap dikemudikan untuk memulai perjalanan.

4. Indikator e-Pedal (Warna Hijau)

Ketika muncul ini dengan warna hijau, menunjukkan kalau fitur e-Pedal atau One pedal telah aktif. Fitur ini akan memudahkan pengemudi Neta V saat mengendarai di kondisi padat, serta membantu tingkatkan efisiensi energi.

5. Indikator Speedometer dengan tulisan “LIM” (Warna Kuning)

Sewaktu pengguna Neta V berkendara dengan kecepatan kencang, lalu lampu ini menyala, merupakan peringatan kalau mobil telah mencapai batas maksimal kecepatan yang telah ditetapkan.

6. Indikator Huruf N (Warna Kuning)

Apabila pada MID muncul indikator huruf N dan berwarna kuning, ini menginformasikan bahwa mode towing atau mode derek sedang aktif.

7. Indikator Steker (Warna Merah)

Berbentuk steker dan berwarna merah, lampu ini menyala ketika pengisi daya terhubung ke kendaraan dan menandakan proses pengisian daya baterai sedang berlangsung.

“Pemahaman yang baik terhadap indikator berkontribusi besar dalam menjaga kinerja optimal dan keamanan mobil listrik. Harap semua pengguna produk kami bisa mengetahuinya, dengan membaca User Manual Book pada setiap pembelian,” tutup Januar.


(uda)