Merek Ini Kembangkan Teknologi Ban Berbasis AI untuk Mobil Listrik

Hankook Tire mengembangkan teknologi ban berbasis Artificial Intelligence (AI) untuk kendaraan listrik - IG Hankook
Hankook Tire mengembangkan teknologi ban berbasis Artificial Intelligence (AI) untuk kendaraan listrik - IG Hankook

Autogear.id - Hankook Tire mengembangkan sistem analisis Voice of Customer (VOC) untuk kendaraan listrik (EV) berbasis artificial intelligence (AI) dari platform ChatGPT. Untuk mempercepat inovasi teknologi dan memperkuat daya saing kualitas di sektor ban EV.

Sejak awal tahun lalu, Hankook Tire telah bekerja sama dengan perusahaan data cloud computing Amazon Web Services (AWS) dan Snowflake, untuk membangun sistem analisis data VOC yang terintegrasi. Membentuk sistem manajemen kualitas, yang didesain untuk memfasilitasi teknologi ban EV yang oleh perusahaan berskala global ini sebagai yang terbaik di industri otomotif.

Sistem VOC Hankook Tire yang baru didirikan telah meningkatkan reliabilitas data, yang dikumpulkan dan mampu dengan baik mengurangi dampak "halusinasi". Sebuah istilah yang mengacu pada kekeliruan informasi, yang terjadi ketika platform generatif menyatakan informasi yang salah. Dimana saat ini dianggap sebagai salah satu keterbatasan terbesar AI generatif.

Melalui platform Bedrock milik AWS, perusahaan mencoba menganalisis sejumlah besar VOC yang dikumpulkan online secara real-time, serta membangun sistem pemantauan. Sehingga dapat segera digunakan di lapangan.

Melalui sistem analisis ini, Hankook Tire berencana secara proaktif melayani berbagai kebutuhan pelanggan kendaraan listrik, dengan mengumpulkan informasi yang mendalam dan menerapkannya secara luas di seluruh siklus produk.

Termasuk pula pengembangan, produksi, dan manajemen kualitas. Serta secara khusus, daya saing teknologi dan kualitas iON, sebagai merek ban khusus EV dari Hankook Tire, yang diharapkan dapat semakin meningkat melalui integrasi VOC dan analisis data uji kinerja.

Selain mengembangkan kemampuan VOC, pabrikan ini juga telah menyelesaikan pembuatan platform analisis terintegrasi. Mencakup sistem peringatan dini yang berkualitas, sistem pemantauan terkait kualitas "Q-Portal", dan sistem analisis kualitas "Online Analytical Processing (OLAP)".

Dengan terhubung ke platform analisis terintegrasi yang baru ini, pengguna dapat memanfaatkan kemudahan akses data. Lalu lebih lanjut menerapkan data tersebut ke dalam praktik bisnis mereka.

Sebagai layanan berbasis cloud, sistem ini juga menawarkan stabilitas tinggi tanpa perlu pemeliharaan. Membantu semua anggota bekerja dengan lancar dengan data. Akses ke jaringan data memungkinkan mendapatkan wawasan lebih dalam dan penciptaan nilai bisnis lebih baik.

Sementara itu, perusahaan induk Hankook Tire juga telah mempercepat inovasi digital, dengan terus memperkuat kemitraan dengan institusi dan perusahaan yang berspesialisasi dalam AI/big data. Seperti AWS, Snowflake, dan Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST).

Selama empat tahun terakhir, perusahaan telah melaksanakan total 22 proyek digital dengan KAIST. Termasuk optimalisasi efisiensi, produktivitas penelitian, pengembangan serta internalisasi kemampuan teknologi utama.


(uda)