Mobil Baru

Truk Anyar Hino Khusus Angkut B3 Diluncurkan, Apa Istimewanya?

Hino luncurkan mobil khusus untuk mengangkut bahan berbahaya dan beracun. AG-Uda
Hino luncurkan mobil khusus untuk mengangkut bahan berbahaya dan beracun. AG-Uda

Autogear.id – Selama ini mungkin banyak yang menanyakan, truk dari jenis dan merek apa yang digunakan dalam pengangkutan Bahan Berbahaya Beracun (B3)? Sedikit terkuak, ketika PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) meluncurkan truk terbarunya, Hino500 Series Ultimate Safety Model, yang rencananya bakal diperuntukkan pengangkutan B3.
 
Terdapat total enam model Hino500 Series Ultimate Safety Model yang diperkenalkan salah satu perusahaan Indomobil Group ini. Yaitu FG 260 JK ABS, SG 280 TH ABS, FL 260 JN ABS, FL 260 JW ABS, FM 280 JD ABS, dan FM 340TH ABS.
 
Dalam sesi buka selubung yang digelar di Hotel Sultan, Jakarta Pusat, Rabu (18/1/2023), secara simbolis Hino500 Series FM340TH ABS dihadirkan mewakili enam model Ultimate Safety Model, yang sudah dapat dipesan per Januari 2023 (unit VIN23).
 
Produk anyar, dari merek truk yang selama ini dikenal dengan julukan pabrikan hijau tersebut, sudah siap digunakan. Lantaran telah dilengkapi sistem pengereman Anti-lock Braking System (ABS), yang mencegah ban terkunci ketika dilakukan pengereman mendadak.

Baca Juga:
Ini Dia Hypercar Jagoan Ferrari buat Perang di FIA WEC

 
Sistem ABS berfungsi pula menjaga traksi atau daya cengkeram ban. Sehingga ketika terjadi kecelakaan lalu lintas, kendaraan dapat tetap aman dan terkendali. Memang ABS kini jadi salah satu syarat wajib bagi truk-truk perusahaan yang mendistribusikan bahan bakar minyak (BBM).
 
"Perusahaan distribusi BBM mewajibkan kendaraan pengangkut memiliki pengereman ABS. Untuk itu, Hino Ultimate Safety hadir dengan ABS yang langsung bawaan pabrik. Pemilik tak perlu repot lagi untuk penambahan perangkat ABS, atau memodifikasinya menelan biaya besar. Dengan warna kabin merah, unit ini sudah siap kerja,” ungkap Presiden Direktur HMSI Masato Uchida.
 
Truk ini hadir dilengkapi lampu Daytime Running Light (DRL) LED. Meningkatkan visibilitas truk agar mudah terlihat pengguna jalan lainnya. Hino500 Series Ultimate Safety juga punya tampilan depan On Road Cabin, desain grille lebar mengejar aerodinamis lebih baik.
 
Sokong keamanan pengemudi, ikut tersemat Cabin Tilt Safety, memastikan kabin sudah terkunci dengan baik dan benar. Serta sistem pengaman Door Lock, untuk mengunci atau membuka pintu secara bersamaan.

Baca Juga:
Lakukan Hal Ini, Jika Motor Tidak Digunakan untuk Waktu Lama

 
Laiknya kendaraan jaman sekarang, demi kenyamanan pengemudi, Hino500 Series Ultimate Safety Model telah dilengkapi Air Conditioner (AC) serta Power Window. Terkait minimalisasi biaya operasional, terdapat Strainer yang dapat menghancurkan gel dari bahan bakar nabati. Sehingga daya tahan fuel filter lebih lama, efisien biaya perawatan.


(uda)