Tokoh dan Selebritas

Pelatih Timnas Sepak Bola Indonesia Kepincut Stargazer?

Shin Tae-Yong memilih Stargazer untuk digunakan berwara-wiri di Indonesia. HMID
Shin Tae-Yong memilih Stargazer untuk digunakan berwara-wiri di Indonesia. HMID

Autogear.id – Akhirnya usai sudah keriuhan suasana perhelatan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022. Banyak hal menarik yang terjadi di dalamnya, yang mungkin tak sempat terpantau oleh pandangan mata banyak orang. Satu di antaranya adalah ketika pelatih Tim Nasional (Timnas) sepak bola Indonesia, Shin Tae-yong bertandang booth Hyundai di area Hall 1, ICE BSD City, Tangerang (20/8/2022). 

Sosok yang sedang naik daun tersebut mengakui, ini merupakan kali pertama kunjungannya ke ajang GIIAS. Yang digadang-gadang sebagai pameran otomotif terbesar di Asia Tenggara. Shin Tae-yong pun merasa terkesan dengan ajang tahunan tersebut. Terutama dengan hadirnya keberagaman inovasi yang dipamerkan Hyundai selama kegiatan berlangsung. 

Terlebih ketika dia menyaksikan Stargazer. Mobil terbaru Hyundai di segmen Multi Purpose Vehicle (MPV). Yang dikembangkan sesuai kebutuhan dan karakter masyarakat Indonesia. Stargazer punya daya tarik tersendiri di mata Shin Tae-yong. “Ketika saya melihatnya dari luar, maupun sewaktu berada di dalam kabinnya. Stargazer punya desain futuristik dan ruang kabin yang lapang,” urainya.

Sejenak di dalam ruang kabin Stargazer, dirinya merasakan sensasi kenyamanan. Terutama adanya konfigurasi Captain Seat, ditambah sejumlah fitur kekinian seperti Hyundai Bluelink. “Menurut saya, mobil yang bagus itu harus mengutamakan keamanan,” ucapnya. Dan menurutnya Stargazer telah menyematkan fitur keamanan yang dinamakan Hyundai SmartSense. 

Baca Juga:
10 Hari GIIAS 2022 Berjalan Lancar, GAIKINDO Beri Apresiasi ke Peserta

Pihak Hyundai sendiri selama ini mengatakan, Stargazer mengusung tipologi konsep kendaraan Sleek One Box. Membuatnya tampak dinamis, ekspresif, dan futuristis. Memiliki dimensi panjang 4.460mm x lebar 1.780mm x tinggi 1.695, dan jarak sumbu roda Stargazer adalah 2.780mm. Jarak overhang pada sisi depan 800mm, dan sisi belakang 880mm, dengan diperkuat ground clearance setinggi 195mm. 

Multifunctional Storage Space menjadi konsep utama dalam mendesain interior Stargazer. Yaitu memaksimalkan ruang yang ada untuk penyimpanan. Seperti adanya glove box, console tray, cup holder pada sisi pintu dan lainnya. Banyaknya ruang penyimpanan yang praktis, ciptakan ruang kabin lebih lega, tanpa mengurangi kenyamanan penumpang.

One Curve Design pada Stargazer menciptakan lengkungan di langit-langit kendaraan. Menghasilkan headroom dari baris pertama hingga ketiga menjadi jauh lebih lapang. Pada baris pertama atau kursi kemudi, hadir head unit Audio Touch Display 8 inci, ditopang koneksi smartphone. Dengan diperkuat wireless smartphone charger.

Masuk baris kedua, seperti dikatakan sebelumnya, keberadaan Captain Seat lengkap dengan armrest memungkinkan penumpang menyandarkan tangan. Ditawarkan konfigurasi kursi yang bisa diatur maju, mundur, tegak atau bersandar dengan leluasa. Tersedia pula tipe 7-seater, untuk bepergian bersama seluruh anggota keluarga. 

Baca Juga:
Hari Terakhir GIIAS 2022, Apa yang Wajib Kalian Kunjungi?

Melongok tiga tipe teratas; Trend, Style, dan Prime, penggunaan Rear AC System dengan EVA-type sebagai bagian dari fitur Full Automatic Temperature Control. Hyundai Stargazer tawarkan 4 mode berkendara; Eco, Comfort, Smart dan Sport. Serta telah dilengkapi Remote Start Engine, tanpa harus memutar tuas kunci untuk menyalakan mesin.

Dari segi performa, model ini miliki mesin Smartstream G1.5 MPI Inline 4 Cylinder DOHC. Menghasilkan tenaga maksimal 115 ps/6,300 rpm, dan torsi maksimal 143,8 Nm/4,500 rpm. Selain itu penambahan Intelligent Variable Transmission (IVT), mengoptimalkan kecepatan dengan efisien dan irit bahan bakar. Terdapat 4 varian Stargazer; Active, Trend, Style dan Prime. Dengan range harga on the road (OTR) DKI Jakarta mulai dari Rp243,3 juta tipe Active MT, hingga Rp307,1 juta tipe Prime.
 


(uda)