Sejarah Otomotif Dunia

Evolusi Home of Rolls Royce Goodwood, 20 Mobil 20 Tahun

Rolls-Royce rayakan 20 tahun pertama produksinya di pusat produksi Home of Rolls-Royce Goodwood, Essex, Inggris. RR
Rolls-Royce rayakan 20 tahun pertama produksinya di pusat produksi Home of Rolls-Royce Goodwood, Essex, Inggris. RR

Autogear.id - Rolls-Royce rayakan 20 tahun pertama produksinya di pusat produksi Home of Rolls-Royce Goodwood, Essex, Inggris. Ketika Rolls-Royce Motor Cars memulai manufaktur skala penuh di sana melalui produksi satu model, Phantom generasi ke-7 yang asli. Merupakan mobil pertama yang selesai diserahkan kepada pemilik barunya, dalam sebuah upacara khusus hanya satu menit lewat tengah malam, pada 1 Januari 2003.
 
Sejak momen bersejarah itu, tidak kurang dari 20 model dan varian yang berbeda telah dibuat dengan tangan di Goodwood, setara dengan satu unit untuk setiap tahun. Chief Executive Officer, Rolls-Royce Motor Cars, Torsten Muller Otvos mengatakan, Rolls-Royce selalu berdiri untuk inovasi dan kemajuan. Terus mendorong batasan teknis dan kreatif. Mengejar kesempurnaan tanpa henti yang dituntut pendirinya, Sir Henry Royce.
 
“Rekor kami ciptakan 20 model berbeda dalam 20 tahun pertama di Home of Rolls-Royce. Hasil langsung dari jiwa petualang yang gelisah. Tiap model merupakan capaian luar biasa untuk menanggapi kebutuhan, selera dan keinginan dinamis pelanggan,” urainya. Berikut 20 mobil dalam 20 tahun tersebut.
 
1. Phantom, 2003
“Goodwood Phantom” asli adalah generasi ke-7, paduan teknologi, kenyamanan, performa, dan ciri khas Magic Carpet Ride. Tetapkan standar baru bagi setiap model yang mengikutinya.

Baca Juga:
Suzuki Akan Hidupkan Lagi Grand Vitara di IIMS 2023?

 
2. 100EX, 2004
Diproduksi untuk menandai 100 tahun pertemuan pertama Charles Rolls dan Henry Royce. Mobil eksperimental pertama produksi Rolls-Royce Motor Cars di bawah kepemilikan BMW Group. Ditenagai mesin V16 9 liter, mobil ini tak pernah direncana untuk diproduksi. Tapi merupakan pendahulu langsung, dari Phantom Drophead Coupe yang terkenal.
 
3. Phantom Extended, 2005
Diluncurkan di Geneva Motor Show (GMS), Maret 2005, lebih panjang 250mm (9,8 in) dari Phantom standar. Menciptakan ruang kaki tambahan di kabin belakang, membuatnya sangat populer di kelompok pelanggan pengguna sopir.
 
4. 101EX, 2006
Seperti 100EX, prototipe eksperimental ini dibangun di atas versi singkat dari kerangka ruang aluminium Phantom. Panel bodi dibuat dari komposit serat karbon. Sebagai Phantom Coupe, ditenagai mesin V12 6,75 liter yang ikonik.
 
5. Phantom Drophead Coupe, 2007
Salah satu model paling dicari yang pernah diproduksi di Goodwood, Phantom Drophead Coupe mengejutkan dunia pada debutnya. Dengan gaya khas berasal dari 100EX, ciri khasnya adalah pelapisan kayu interior di sekitar kabin hingga penutup tonneau jati, yang terinspirasi oleh dek kapal pesiar balap.

Baca Juga:
Jangan Bingung, Begini Cara Pilih SUV Ideal di IIMS 2023

 
6. Phantom Coupe, 2008
Berkonstruksi tanpa pilar, ini adalah coupe dua pintu hardtop sejati. Rolls-Royce pertama dari jenisnya yang diproduksi dalam lebih dari dua dekade. Seperti saudara dropheadnya, Phantom Coupe menggabungkan banyak fitur desain dan teknik konstruksi yang dikembangkan pada 101EX eksperimental.
 
7. 200EX, 2009
Dipresentasikan di GMS Maret 2009, 200EX adalah mobil eksperimental yang menanggapi umpan balik pelangan untuk Rolls-Royce yang lebih mudah didekati, dan berorientasi menggunakan sopir.
 
8. Ghost, 2010
Dirancang untuk generasi baru pelanggan Rolls-Royce yang berpengaruh, Ghost langsung mendapat pujian atas desain sederhana dan kontemporer serta performa dinamis. Hingga saat ini menjadi model paling sukses secara komersial dalam sejarah Rolls-Royce.
 
9. 102EX, 2011
Dikenal sebagai Phantom Experimental Electric (EE), versi prototipe elektrik Phantom. Kendaraan listrik baterai super mewah pertama di dunia, berkeliling dunia untuk mengukur reaksi dari masyarakat.

Baca Juga:
Serba Baru, Scuderia AlphaTauri Siap Tempur di Musim F1 2023

 
10. Ghost Extended, 2011
Menanggapi pelanggan yang lebih suka dikemudikan sopir, Rolls-Royce memperkenalkan Ghost versi Extended. Menawarkan ruang tambahan dan kenyamanan penumpang kursi belakang, sambil mempertahankan karakteristik mengemudi mobil yang lebih fokus.
 
11. Wraith, 2013
Fastback Wraith dimaksudkan sebagai gran turismo terbaik. Sebuah mobil yang mewujudkan semangat perintis yang berani, rasa petualangan dan kecintaan akan kecepatan. Menginspirasi salah satu pendiri marque, The Hon Charles Stewart Rolls.
 
12. Dawn, 2016
Mobil konvertibel empat kursi super mewah yang definitif, dirancang untuk memungkinkan empat orang dewasa bepergian bersama dengan nyaman. Atapnya dijuluki 'Balet Senyap', beroperasi dalam keheningan total hanya dalam 22 detik. Dengan kecepatan jelajah hingga 50 km/jam dengan atap tertutup.
 
13. Black Badge Wraith and Black Badge Ghost, 2016
Keluarga Black Badge memperkenalkan kepada dunia tentang hal-hal buruk dari marque, menumbangkan persepsi tentang seharusnya Rolls-Royce. Varian ini lebih bertenaga dan dirancang khusus untuk menghadirkan pengalaman berkendara lebih langsung dan menarik.
 
Dalam Black Badge, Wraith dan Ghost menerima torsi tambahan, pengaturan suspensi udara dan poros penggerak yang unik, Intuitive Throttle Response, dan transmisi otomatis 8 kecepatan yang lebih tajam.

Baca Juga:
Masih Malu-Malu, Toyota Rilis Prototipe All-New Agya dan Agya GR 

 
14. 103EX, 2016
Mungkin mobil eksperimental paling radikal yang pernah diproduksi di Goodwood adalah Rolls-Royce Vision Next 100, dengan kode nama 103EX. Menghadirkan pandangan marque tanpa kompromi tentang masa depan mobilitas mewah. Sepenuhnya elektrik, dengan penggerak yang sepenuhnya otonom dan kecerdasan buatan yang ditingkatkan.
 
15. Sweptail, 2017
Rolls-Royce menghidupkan kembali seni coachbuilding dengan Sweptail megah. Terinspirasi oleh Rolls-Royce buatan pelatih dan yacht balap tahun 1920 dan 30-an, coupe 2-seater ini tampilkan atap kaca panoramic, dan sepasang tas atase tersembunyi.
 
16. Phantom 8, 2017
Tugas untuk menemukan kembali era baru yang berani, didekati dengan sangat hati-hati. Hasilnya adalah Phantom 8, menanggapi kepekaan generasi baru yang berubah, sambil mempertahankan kehadiran ikonik.
 
17. Cullinan, 2018
Cullinan benar-benar Rolls-Royce versi SUV, dirancang dan dibangun untuk membawa individu-individu muda dan sukses keliling dunia dengan kenyamanan tertinggi. Kemampuan yang mudah di mana saja, dan fitur gaya hidup yang unik, termasuk modul rekreasi, telah menjadi salah satu barang mewah paling diinginkan di planet ini.
 
18. Black Badge Cullinan, 2019
Cullinan menikmati persona baru yang lebih gelap, termasuk mesin V12 6,7 liter lebih bertenaga, velg forged 22 inci hitam, gril Pantheon dan maskot Spirit of Ecstasy. Plus kaliper rem dicat pertama, yang pernah dipasang pada Rolls-Royce dari pabrikan.

Baca Juga:
Ratusan Bikers Geber-Geber Moge di 'Rumah Rakyat', Ada Apa Ya?

 
19. New Ghost, 2020
Ketika menghadirkan Ghost baru, Rolls-Royce menanggapi persyaratan dari generasi baru wanita dan pria sukses untuk sebuah mobil. Selaras sempurna dengan kode kemewahan baru. Hasilnya adalah sebuah estetika yang mengedepankan desain minimalis dan substansi material.
 
20. Boat Tail, 2021
Komisi Boat Tail membawa Rolls-Royce Coachbuild ke dunia baru, dalam proyek teknis dan kreatif selama hampir empat tahun. Sebuah objek seni asli, mobil sepenuhnya buatan tangan ini menunjukkan komitmen marque membangun kendaraan, sebagai bagian sentral dari arah dan strategi masa depan.


(uda)