Ganti Ban Kendaraan Supaya Aman dan Nyaman, Sekaligus Peluang Innova Zenix di Tangan

Menjaga kondisi ban sekaligus membawa pulang hadiah idaman
Menjaga kondisi ban sekaligus membawa pulang hadiah idaman

Autogear.id – Bicara komponen penting pada kendaraan roda empat, maka ban adalah salah satunya. Si karet hitam bundar yang membalut velg ini begitu mempengaruhi aktivitas sebuah kendaraan. Antara lain faktor keselamatan dan kinerja dari kendaraan tersebut. Apalagi, jelang musim penghujan akhir-akhir ini, penting dalam menjaga kondisinya.

Namun tidak semua pengguna mobil selalu memperhatikan kondisi dari benda yang satu ini. Seringkali perawatan dari komponen, yang langsung bersentuhan dengan permukaan jalan tersebut, seakan terabaikan.

Padahal banyak keuntungan ketika pengguna kendaraan melakukan perawatan ban. Misalnya saja, apabila dilakukan dengan tepat, maka mampu mengurangi risiko kecelakaan, dapat memperpanjang umur ban, malah bisa sampai meningkatkan efisiensi bahan bakar.

Kalau mengacu dari data yang dilansir Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), 80% penyebab kecelakaan mobil di jalan raya akibat faktor ban. Sehingga dari sini dapat ditarik kesimpulan, betapa pentingnya menjaga “Kesehatan” ban.

Lantas apa saja yang dapat dilakukan pemilik kendaraan, agar kondisi ban mobilnya selalu terjaga? Ada beberapa hal yang bisa diterapkan. Mulai dari memeriksa tekanan udara, melakukan rotasi ban, mengecek tingkat keausan, memperhatikan kondisi fisik ban, dan banyak lagi.

Sejumlah hal yang dapat dilakukan untuk merawat ban mobil adalah sebagai berikut :

1.     Pemeriksaan Tekanan Udara: Pastikan tekanannya selalu sesuai rekomendasi pabrikan. Tekanan yang tidak sesuai, dapat menyebabkan keausan yang tidak merata dan berisiko pecah ban.

2.     Rotasi Ban: Lakukan rotasi ban secara berkala, minimal setiap 5.000 hingga 8.000 km, untuk memastikan keausan yang merata.

3.     Pemeriksaan Keausan: Periksa kedalaman alur ban. Pastikan tidak kurang dari batas minimum. Ban yang sudah aus berisiko tinggi mengalami kecelakaan ketika melewati permukaan jalan yang basah.

4.     Pemeriksaan Kerusakan: Secara rutin, periksa ban dari tanda-tanda kerusakan, seperti sobekan, benjolan, atau kebocoran.

Head of Marketing PT Sumi Rubber Indonesia selaku produsen ban Dunlop, Johan Tri mengatakan, sebaiknya pemilik kendaraan menggunakan ban dengan tipe dan pattern yang sama di satu poros roda.

“Ini perlu dipahami, supaya handling pada kendaraan menjadi lebih baik dan stabil. Alhasil keamanan dan kenyaman berkendara akan lebih terjamin,” ucap Johan dalam keterangan resminya.

Nah, bagi pemilik kendaraan yang ingin mengganti bannya dengan ban baru, Dunlop Indonesia juga menyiapkan kejutan istimewa, Kejutan Dunlop 2. Dimana si empunya kendaraan berkesempatan membawa pulang hadiah yang sangat menarik.

Penawaran berhadiah ini mempersembahkan 5 unit iPhone 15 Pro, 10 Garmin Forerunner 165 Music, 5 logam mulai masing-masing 5 gram, dan 100 voucher Indomaret masing-masing senilai Rp 250.000. Dengan hadiah utama, satu unit Toyota Inova Zenix tipe V Hybrid,

Kesempatan ini berlaku untuk setiap pembelian ban Dunlop dengan pattern SP Sport Maxx 050+, SP Sport LM705, Direzza DZ102, Enasave Series, Grandtrek Series, dan OEM Series tipe tertentu.

Periode penawaran berhadiah tersebut dimulai sejak 1 Oktober – 31 Desember 2024, dan pengumuman pemenangnya akan dilaksanakan pada Januari 2025. Bakal ditayangkan secara live di Youtube Channel dan Instagram Dunlop Indonesia. “Jadi, tunggu apa lagi? Berkendara nyaman dan aman, sekaligus berkesempatan memperoleh Toyota Innova Zenix V Hybrid di tangan,” pungkas Johan.


(uda)