Apa Sih yang Bikin Mobil Ini Kental Aroma Petualang?

Ketika Daihatsu Terios diidentikkan dengan mobil petualang yang sporty - ADM
Ketika Daihatsu Terios diidentikkan dengan mobil petualang yang sporty - ADM

Autogear.id - Sebagai kendaraan sport utility vehicle (SUV), Daihatsu Terios telah hadir menemani pelanggan di Indonesia hampir 17 tahun lamanya. Sejak peluncuran perdana pada 2007, mobil berkapasitas 7 penumpang tersebut terus mendapat sambutan positif. Dengan mengantongi jumlah penjualan lebih dari 300 ribu unit.

Banyak yang menyukainya, lantaran diklaim beberapa bagian dari kendaraan ini menguatkan kesan sporty dan adventure. Misalnya pada sisi eksteriornya, terlihat dari desain bumper, grille, smoke headlamp, dan illuminating lamp.

Selain itu tampilan sporty diperkuat pleh penambahan desain aero kit pada bagian bumper depan-belakang, side stone guard, side body molding pada bodi samping yang khusus terdapat pada varian tertinggi, R Custom.

Alloy Wheel atau roda berdiameter mulai dari 16-17 inci, tergantung varian yang dipilih, membuatnya ibarat sosok petualang tangguh, siap melewati berbagai kondisi  jalan. Ditopang lagi ground clearance setinggi 220mm, radius putar 5,2 meter, dan sistem kemudi tipe EPS (Electric Power Steering). Membuatnya tetap enak beraksi di kondisi perkotaan.

Bagian interiornya, mempertontonkan suasana kabin elegan dan sporty. Lewat dominasi tema hitam paduan aksen merah, serta jok kursi kombinasi kulit. Bagaimana dengan performanya? Dibenamkan mesin 2NR-VE DOHC Dual VVT-i 1.500cc. Diperkuat teknologi Eco Idle, otomatis mesin mati sejenak ketika mobil berhenti. Agar hemat konsumsi bahan bakar, dan meminimalkan emisi gas buang.

Touchscreen Audio 7 inci terkoneksi dengan smartphone, kompatibel dengan Android Auto dan Apple Car Play. Semakin melengkapi hiburan dan kenyamanan tersendiri, selama mengendarainya. Semua fitur tadi bisa diperoleh pada varian R ke atas.

Menyangkut fitur keamanan dan keselamatan, kendaraan ini memberi perlindungan lebih. Berupa 6 SRS Airbag pada sisi depan dan samping, yang dapat melindungi seluruh penumpang di dalamnya.

Model ini menyematkan around view monitor, menampilkan visibilitas 360° sudut kendaraan. Membantu permudah ketika bermanuver mundur, melewati jalan sempit, serta kondisi berkendara lainnya.

Ditambah fitur terkini VSC (Vehicle Stability Control), mencegah over steer dan under steer. Lalu HSA (Hill Start Assist), menghindari mobil bergerak mundur sewaktu di tanjakan, ABS (Anti-Lock Brake System) dan EBD (Electronic Brakeforce Distribution), demi mengoptimalkan performa pengereman.

Tersedia dalam varian X, R, dan R Custom, serta varian aksesoris ADS dengan enam pilihan warna sesuai selera. Ditambahkan dua warna baru, Silver Metallic dan Greenish Gun Metal. Sebagai kendaraan adventure, mobil ini dipatok harga mulai Rp243.050.000, hingga Rp309.250.000 on the road Jakarta. Harga dapat berbeda, tergantung varian, lokasi, dan wilayah.

Menjadi Sahabat Petualang sejak 2012, mobil ini kian tempatkan diri sebagai SUV petualang. Melalui program Terios 7 Wonders, yang melibatkannya mengeksplorasi keindahan nusantara, destinasi bersejarah, beserta situs budaya kearifan lokalnya.


(uda)