KKN Tematik Satu Hati, Kolaborasi Gen Z dan Yayasan AHM Bangun Negeri

KKN Tematik Satu Hati, kolaborasi Gen Z dan Yayasan AHM Bangun Negeri - AHM
KKN Tematik Satu Hati, kolaborasi Gen Z dan Yayasan AHM Bangun Negeri - AHM

Autogear.id - Memperkuat dukungan pada peningkatan kualitas kontribusi generasi muda dalam membangun negeri, dilakukan oleh Yayasan Astra Honda Motor (AHM). Melalui program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Satu Hati, di Universitas Jember (UNEJ), Jawa Timur. Sejalan dengan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), untuk menyiapkan calon pemimpin masa depan yang unggul dan berkepribadian.

Dukungan terhadap aksi nyata generasi muda yang bermanfaat bagi masyarakat, secara berkelanjutan juga diwujudkan Yayasan AHM. Melalui seleksi Sustainable Development Goals (SDGs) Future Leaders, bekerja sama dengan berbagai Perguruan Tinggi di Indonesia. Berbagai ide kreatif dari sekitar 30 tim yang terpilih, akan didukung Yayasan AHM secara pendanaan maupun pembinaan.

Menggandeng UNEJ dan Pemerintah Kabupaten Jember, KKN Tematik Satu Hati dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerja Sama, dan Informasi UNEJ, Prof. Drs. Bambang Kuswandi, M.Sc., Ph.D., Ketua Yayasan AHM Ahmad Muhibbuddin, dan Bupati Jember yang diwakili Asisten Administrasi Umum Pemkab Jember Harry Agustriono, ATD., MT.

Komitmen untuk berkontribusi pada pembangunan daerah, diperkuat melalui penandatanganan nota perjanjian kerja sama Yayasan AHM dengan UNEJ, dalam bidang penelitian, pengembangan dan pengabdian masyarakat di Gedung Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNEJ beberapa waktu lalu.

Mengusung Tema “Satu Hati Bersinergi Membangun Negeri”, KKN Tematik Satu Hati mengajak mahasiswa KKN untuk mengabdi dan berkontribusi bagi masyarakat, dalam berbagai program unggulan. Seperti penanganan sampah hingga pengembangan perekonomian masyarakat desa.

Tahun ini, KKN Tematik Satu Hati berkomitmen mengembangkan desa Semboro, Kabupaten Jember, Jawa Timur, bersinergi dengan Badan Usaha Milik Desa Amartha Semboro. Berbagai program akan dijalankan oleh para mahasiswa bersama masyarakat, seperti mencegah pencemaran lingkungan dan pemanfaatan limbah sampah menjadi bernilai bagi masyarakat sekitar melalui pengembangan bank sampah.

Dalam bidang perekonomian, Yayasan AHM bersama para mahasiswa juga mengembangkan program budidaya magout dan lele, ternak ayam, eduwisata petik jeruk, serta pelestarian batik Semboro. Ketua Yayasan AHM Ahmad Muhibbuddin mengatakan, selaras dengan tujuan SDGs, kolaborasi bersama berbagai pihak diharapkan mampu memberikan efek ganda. Dalam meningkatkan kompetensi dan pengalaman mahasiswa, selama melakukan pengabdiannya kepada masyarakat yang memiliki dampak berkelanjutan.

"Kami ingin para mahasiswa dapat terjun langsung mendampingi masyarakat desa Semboro dengan program-program inovatif yang memberikan nilai ekonomi dengan bersinergi bersama berbagai pihak, sehingga hasil yang diperoleh semakin optimal dan dapat terus dikembangkan ke depannya," ujar Muhib. Selain itu, para mahasiswa KKN juga dibekali pelatihan safety riding dan pembentukan komunitas Dewan Riset Sekolah (DRS), untuk menjadi role model dan agent of change di lingkungan masyarakat.


(uda)