Produksi Kendaraan

Hyundai Geber Riset Pengembangan Komponen Lokal

Hyundai ingin ara pemasok komponen yang diproduksi secara lokal, punya standardisasi yang sama dengan pabrikan mereka. HMID
Hyundai ingin ara pemasok komponen yang diproduksi secara lokal, punya standardisasi yang sama dengan pabrikan mereka. HMID

Autogear.id - Hyundai terus berupaya membantu meningkatkan kualitas sumber daya manusia, dari mitra pemasok lokal yang menyuplai komponen kendaraan mereka. Melalui R&D Level Up Training sebagai lanjutan dari Indonesian Supplier R&D Improvement Program yang telah diselenggarakan sejak 2021.

Program pelatihan tingkat lanjutan ini bakal melibatkan lebih 80 peserta dari 20 pemasok. Dimana terselenggara sejak Mei hingga Desember 2022, berlokasi di Mobility Innovation Center PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI).

Dikatakan President Director HMMI, Yoon Seok Choi, perusahaan yang dipimpinnya selalu berkomitmen untuk tumbuh berkembang bersama mitra pemasok lokal. Sekaligus berkontribusi kian memperkuat sumber daya manusia nya.

“Kami senang dapat menyaksikan, bagaimana pengetahuan yang disajikan sesuai kebutuhan para mitra. Khususnya dalam mendukung upaya bersama untuk membangun mobilitas masa depan, yang selalu menjadi fokus Hyundai,” ucapnya.

Baca Juga:
BMW Seri 3 Bakal VIP Shuttle Para Musisi Java Jazz Festival 2022

Tahun lalu di tahap awal program, semua peserta mempelajari pengetahuan R&D dasar, antara lain untuk membangun pemahaman terhadap proses pembuatan kendaraan Hyundai, standar atau ketentuan manufaktur untuk mitra lokal.

Kegiatan tersebut memperoleh antusiasme tinggi dan memberi hasil positif. Skor pengetahuan pemasok lokal meningkat signifikan setelah berpartisipasi dalam pelatihan ini. Yaitu dari skor 2,7 menjadi 7,1. Menjawab kegembiraan tadi, Hyundai lantas melanjutkannya melalui program R&D Level Up Training. Dimana pengetahuan R&D dasar dari pemasok lokal terpilih, akan dilatih kembali.

Ditambah dengan pengetahuan lanjutan terkait GD&T (Geometrical Dimension & Tolerance). Yaitu sebuah sistem, yang membantu engineers dan pabrikan secara optimal mengendalikan variasi dalam proses manufaktur. Serta akan mempelajari proses pengujian material.

R&D Manager HMMI, Arief Tri Wahyudi, yang bertanggung jawab dalam menyediakan materi pelatihan ikut menambahkan, Indonesia sebagai sebuah negara luar biasa yang memiliki aset terbesar untuk semakin jauh berkembang. Berupa orang-orang yang memiliki potensi dan kecerdasan berpikir.

Baca Juga:
Konsep Yamaha Cafe Racer, jadi Inspirasi Gitar New Revstar

“Saya menyaksikan fakta tersebut langsung saat memimpin sesi pelatihan ini. Sehingga, kami berharap dapat melihat pemasok lokal yang ikut program ini bisa menerapkan kemampuan dan pengetahuan baru mereka. Kemudian membawa kualitas produk yang mereka buat, ke tingkat lebih tinggi lagi,” katanya.

Namun untuk diketahui pula, Arief menyampaikan, Indonesian Supplier R&D Improvement bukanlah satu-satunya program pengembangan kemampuan yang mereka selenggarakan. Secara regular HMMI juga menyelenggarakan program Automobile Technology Training & Internship. Membuka kesempatan untuk siswa kejuruan, untuk saat ini di wilayah Bekasi, bisa memperoleh pelatihan teknologi otomotif dan membuka kesempatan magang selama enam bulan.


(uda)